Metropolis

Aplikasi Simpaduk Permudah Pelayanan KTP-El

Disdukcapil Lakukan Terobosan

Radarbekasi.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi melakukan terobosan guna mempermudah pelayanan terhadap masyarakat.

Dengan aplikasi Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan (Simpaduk) yang di download lewat google play store, serta melakukan pendaftaran, masyarakat bisa mengajukan permohonan pelayanan KTP-El secara online.

Saat mendaftar pastikan data yang dimasukkan benar, agar dapat di proses oleh petugas yang berada di Mal Pelayanan Publik (MPP). Setelah warga mendaftar melalui Simpaduk, keesokan harinya si pemohon bisa datang kembali ke MPP, untuk mengambil fisik KTP-El yang sudah diajukan secara online. Jika tidak ada kesalahan pada saat pendaftaran, bisa di pastikan permohonan yang diajukan jadi.

“Dengan adanya pendaftaran melalui online, kami harus siap untuk pulang larut malam, demi melayani masyarakat yang mendaftar melalui online. Karena yang mendaftar melalui online tidak kalah banyak dengan jumlah yang datang langsung ke MPP.” kata Wawan, salah satu staf pelaksana Disdukcapil Kota Bekasi saat ditemui di MPP, Rabu (30/5) kemarin.

Menurutnya,Disdukcapil berkomitmen untuk bisa total dan berintegritas salah satunya dengan kemudahan pelayanan di MPP.

Untuk melakukan pendaftaran melalui Simpaduk Wawan juga menjelaskan tata cara mendaftar pembuatan KTP-El.
Langkah pertama setelah mendownload Simpaduk di Appstore, klik tombol masuk, lalu masukan email aktif anda, kemudian baca persyaratan dan ketentuan di dalam aplikasi jika setuju klik cek book setuju.

Kemudain masukan nomor kartu keluarga dan nomor induk kependudukan. Jika sudah di isi, pastikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan KK benar, apabila sudah benar langsung tekan proses.

”Setelah warga sudah mendaftarkan dan datanya benar hari berikutnya akan langsung di cetak KTP-El warga tersebut, warga pun bisa datang ke MPP untuk langsung mengambil KTP-el nya,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi, Jamus Rasyidi mengatakan, sangat mengapresiasi pelayanan Simpaduk melalui online di MPP.

“Saya mengapresiasi semangat dan cara kerja temen-temen yang ada di MPP, dalam melayani masyarakat mereka selalu punya ide-ide baru, guna meningkatkan pelayana kepada masyarakat bekasi, khususnya mereka yang ingin membuat KTP-El.” ucapnya.

Dengan adanya aplikasi Simpaduk, masyarakat bekasi semakin dimudahkan untuk mengurus beragam keperluan perizinan dan juga perpajakan, tinggal download aplikasinya.

“Saya rasa, Simpaduk cukup berhasil dalam memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat Bekasi. Terlihat dari begitu antusiasnya masyarakat yang mendaftarkan melalui online, mereka datang ke MPP tinggal mengambil KTP-El saja tanpa harus antri.” ungkapnya.

Menurutnya, kesuksesan dan keberhasilan dari tata kelola pemerintahan yang baik adalah dengan memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat. Menurutnya, peran Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah, ketika bisa memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

“Kalau kami belum bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, berarti kami sebagai ASN itu belum bermanfaat,” tutupnya. (adv/pay)

Lebihkan

Artikel terkait

Close