Cikarang

Disnaker Buka Posko Pengaduan THR

Radarbekasi.id – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) bakal membuka posko pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi perusahaan yang berdomisili di Kabupaten Bekasi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Edi Rochyadi mengatakan, posko pengaduan THR tersebut dibukamenindaklanjuti Surat Edaran Kementrian Tenaga Kerja yang mengacu pada Permenaker No 06 tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan.

“Pemberian THR itu hukumnya wajib kepada pegawai atau pekerja dari perusahaan. Karena, masalah tersebut sudah diatur danmenjadi aturan untuk keberlangsungan pekerja saat merayakan hari besar keagamaan atau menyambut hari Idul Fitri yang beberapa pekan lagi akan tiba,” kata Edi kepada Radar Bekasi, Rabu (30/5).

Dalam SE Kemenaker tersebut, perusahaan diamanahkan untuk memberikan tunjangan semaksimal mungkin paling lambat tujuh hari sebelum hari raya.Jika THR diberikan jauh hari sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri, kata Edi, maka para pekerja bisa membelanjakan untuk keperluan keluarga serta persiapan kembali kekampung halaman.

“Intinya, pekerja berani saja memberi laporan kepada kami apabila salah satu perusahaan tidak memberikan THR. Karena hal tersebut merupakan hak pekerja dan kewajiban perusahaan,” ujarnya.

Edi menerangkan, pihaknya tidak akan segan-segan untuk memberikan sanksi kepada perusahaan yang membandel dengantidak memenuhi kewajiban untuk memberikan THR kepada karyawannya.

“Pasti akan kita sanksi, untuk sanksinya dilihat dari besaran masalah serta faktornya secara adminiatrasi. Dan paling berat sanksinya adalah dua persen membayar denda dari jumlah karyawan yang dikalikan dengan bersaran THR yang nantinya denda tersebut bakal masuk kepada kas daerah,” tutupnya. (and/adv)

Lebihkan

Artikel terkait

Close