Metropolis

Hari Lahir Pancasila Momentum Jaga Toleransi

Radarbekasi.id – Penjabat Wali Kota Bekasi R Ruddy Gandakusumah berkesempatan menjadi pimpin upacara bendera memperingati hari lahir Pancasila ke 73 Tahun 2018,di halaman Kantor Wali Kota Bekasi, Jumat (1/6).

Upacara dihadiri para pejabat dan ASN Pemkot Bekasi, jajaran Polri, TNI, dan berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas)

Hadir pula dalam upacara peringatan hari lahir pancasila ini ke 73, Dandim 0507/ Bekasi, Kepala Kejaksaan Kota Bekasi, Wakapolrestro Bekasikota, perwakilan Pengadilan Negeri Bekasi serta pejabat easlon II dan III di lingkungan Pemkot Bekasi.

Dalam upacara tersebut, Ruddy Gandakusumah turut membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo dalam rangka upacara peringatan hari lahir Pancasila ke 73 .
Dalam isi sambutan tersebut dijelaskan bahwa Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

Adalah jiwa besar para Founding Fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan.

Perlunya belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara mengisi isi pidato tersebut. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, sejatinya bisa terhindar dari masalah tersebut. Masyarakat bisa hidup rukun dan bergotong royong.

”Komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat. Berbagai upaya terus kita lakukan,”ujarnya saat membacakan pidato Presiden RI Jokowidodo.

Telah diundangkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembina Ideologi Pancasila. Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program pembangunan. Pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya, menjadi bagian integral dari pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Diakhir pembacaan sambutan Presiden RI, Joko Widodo, Ruddy mengatakan, melalui momentum Peringatan Hari Lahir Pancasila, masyarakat Indonesia diharapkan dapat menghayati dengan mendalam makna Kesatuan dan Persatuan. ”Saling menjaga toleransi antar sesama , serta saling memahami, saling menghormati bersepakat dalam mencapai cita-cita bangsa,” tandas Ruddy. (one/hms)

Related Articles

Back to top button