Metropolis

Menaklukan Penyakit Hati

Oleh: Wildan Fathurrahman

Radarbekasi.id – Bulan suci Ramadan merupakan bulan kesembilan pada penanggalan Hijriah. Ramadan satu-satunya  kata bulan yang disebutkan langsung di dalam Alquran. Ramadan dalam konteks keutamaan waktu juga disebut sayyidussyuhur (rajanya bulan) sebagaimana hari Jumat disebut sebagai sayyidul ayyam (rajanya hari).

Ramadhan juga menjadi bulan yang  istimewa dan  paling dirindukan oleh umat muslim karena di bulan inilah doa-doa dikabulkan, amal ibadah dilipatgandakan, dosa-dosa diampuni, bahkan tidurnya orang yang berpuasa di bulan ini pun dinilai ibadah.

Banyak sekali keutamaan Ramadan. Rasanya tidak akan cukup dalam secarik kertas tulisan ini untuk menjabarkannya. Tapi setidaknya ada lima hal keutamaan bulan ini dengan harapan setelah kita tahu  keutamaannya menjadi motivasi untuk senantiasa meningkatkan kualitas dan kuatintas ibadah.

Bulan Diturunkan Alquran

Bulan Ramadan adalah bulan mulia. Mengapa? Karena di bulan ini pertama kali kitab suci umat Islam Alquran diturunkan. Seperti yang tertulis dalam Q.S Al-Baqarah: 185 yang bahwa Allah memuji bulan Ramadan dari bulan-bulan lainnya karena bulan ini dipilih sebagai bulan diturunkannya Alquran.

Di momentum Ramadan ini mari kita jadikan sebagai bulan pendidikan untuk lebih dekat dengan Alquran dengan memperbanyak tadarus.

Terdapat Lailatur Qadar

Malam ini merupakan malam yang didamba-dambakan setiap umat muslim saat Ramadan. Malam yang terdapat di salah satu dari 10 hari terakhir bulan Ramadan ini merupakan malam yang paling baik diisi oleh doa-doa yang baik dan amal ibadah lainnya karena ketika kita beribadah di malam lailatul qodar maka amal ibadah kita dinilai seperti ibadah seribu bulan.

Secara hitungan matematika, seribu bulan berarti 83 tahun dan malam lailatul qodar adalah termasuk waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Bulan Penuh Berkah

Berkah kata itu yang paling sering kita dapatkan baik dari ucapan maupun tulisan disandingkan dengan kata Ramadan. Ramadan betul-betul penuh berkah dengan begitu banyak keistimewaan yang ada di dalamnya, pintu-pintu surga Allah bukakan, pintu-pintu neraka Allah tutupkan dan setan-setan Allah belenggu. Sehingga begitu meruginya jika orang Islam tidak betul-betul mengisi Ramadan dengan amal kebaikan seperti taddarus Alquran, salat sunnah, sedekah, bersilaturahmi,dan banyak lainnya.

Bahkan menariknya berkah Ramadan tidak saja menjadi berkah bagi urusan akhirat tapi juga berkah untuk urusan dunia. Berapa banyak pelaku usaha (tidak hanya muslim) rezekinya berlipat ganda pada saat bulan Ramadan tiba. Karenanya bisa kita sebut berkah Ramadan adalah berkah lil’alamin (untuk semua makhluk).

Bulan yang Mengajarkan Kesabaran

Puasa, khususnya di bulan Ramadan, mengajarkan bagaimana sabar dalam menahan makan, minum, dan hawa nafsu. Kesabaran itulah yang menuntun pada peningkatan ketakwaan dan penghambaan diri kepada Allah dan membebaskan hati dari penyakit-penyakit hati yang bisa menurunkan ketakwaan.

Hal itu sesuai dengan kalam Allah dalam surat al Baqarah ayat 183 “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. al Baqarah: 183).

Bulan Dilipatgandakan Amal Saleh

Ibarat petani, Ramadan adalah saat panen raya. Dibaratkan panen raya disebabkan bulan ini merupakan waktu dimana berbagai amal kebaikan dilipat gandakan pahalanya jauh melebihi waktu-waktu di luar Ramadan.

Khutbah Rasululah saw pada akhir bulan Syaban. “Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menaung. Bulan yang didalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. Qiyamullail disunnahkan. Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu,nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan’’. (HR. Bukhori-Muslim). Wallahu A’lam Bishowab. (*)

Lebihkan

Artikel terkait

Close