Pendidikan

2018, Nilai UN SMP Turun

Radarbekasi.id – Nilai  rata-rata Ujian Nasional (UN) tingkat SMP Kota Bekasi tahun 2018 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Hal ini diakui oleh kepala  Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi, Ali Fauzie.Menurutnya, faktor utama penurunan itu tidak lain karena ujian saat ini telah berbasis komputer.Tahun ini hasil Ujian Nasional tingkat SMP hanya mencapai angka 61,34.

“Namun meskipun begitu penurunan nilai ini bukan hanya terjadi di tingkat Kota, tapi juga di tingkat pusat. Karena memang anak-anak butuh waktu lebih beradaptasi dengan sistem ujian berbasis komputer,” ucapnya.

“Meski demikian, kami tetap mensyukuri hasil yang telah ditorehkan para peserta didik. Sebagai bahan evaluasi ke depan, Disdik akan mendorong tiap-tiap sekolah agar mulai menggunakan komputer dalam pelaksanaan ulangan semester,” tutupnya.

Sementara itu,  Salah satu siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) satu kota Bekasi berhasil menjadi yang terbaik setelah meraih nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi dari 31.706 siswa Kota  Bekasi yang mengikuti UNBK maupun UNKP beberapa waktu yang lalu.

Kepala sekolah SMPN 1 Kota Bekasi, Euis Siti Halimah mengatakan,  siswanya memang pantas mendapatkan pretasi  tersebut. Pasalnya selain pintar siswanya yang bernama Rangga Wahyu Ramdhanu tersebut terkenal baik dan aktif.

“Semoga SMPN 1 tetep terus mencetak anak-anak berprestasi, dan menjadikan SMPN 1 menjadi sekolah terfavorite, serta lulusan kami semoga menjadi yang berprestasi ditingkat pendidikan selanjutnya “ ujar Euis.

Nilai rata-ata Ujian Nasional yang diperoleh oleh Rangga Wahyu Ramdhanu sebesai 381,5 lebih besar 0,5 jika dibandingkan dengan Muhammad Dary Abdul Malik yang berasal dari SMPN 2 Kota Bekasi dengan nilai rata-rata 381.

Sementara itu berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi, 10 besar peraih nilai ujian nasional di Kota Bekasi berasal dari beberapa sekolah yakni SMPN 1 di posisi satu dan lima peraih nilai UN terbaik, SMPN 2 Kota Bekasi, SMPK penabur Harapan Indah di posisi tiga, delapan dan sepuluh peraih nilai un terbaik, SMP Islam Al-Azhar 8 di posisi empat dan enam, SMP Global Prestasi, dan SMPK Penabur Summarecon.

SMPN satu Kota Bekasi merupakan SMP Negeri terbaik berdasarkan tingkat nilai rata-rata UNBK yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu mengungguli sekolah SMP negeri yang lain. 360 siswa kelas 12 yang mengikuti UNBK tahun ini mendongkrak SMPN satu menjadi yang terbaik diantara 49 SMP Negeri yang lain.

Rata-rata nilai dari masing-masing pelajaran yang diperoleh oleh SMPN 1 Kota Bekasi menjadi yang terbaik yakni Bahasa Indonesia dengan nilai rata-rata 86.88, Bahasa Inggris 82.12, Matematika 82.1 dan Ilmu Pengetahuan Alam 78.9 sehingga nilai rata-rata keseluruhan sekolah ini adalah 82.50 berada sedikit diatas SMPN 5 Kota Bekasi sebagai yang terbaik kedua dengan nilai rata-rata 74.81.

Secara keseluruhan SMPN satu memang bukan yang terbaik, SMPN 1 berada di peringkat tiga tepatnya dibawah SMP Iislam Al-Azhar 8 dan SMPK Penabur Harapan Indah Kota Bekasi. secara keseluruhan baik negeri maupun swasta yang menyelenggarakan UNBK maupun UNKP, SMPN 1 Kota Bekasi menempati posisi terbaik ketiga, sedikit tertinggal dengan SMPI Al-Azhar 8 dengan nilai rata-rata 86.17 dan SMPK Penabur Harapan Indah dengan nilai rata-rata 82.93. (cr38)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker