Cikarang

Pemkab Bekasi Wujudkan Kota Laik Anak

Radarbekasi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, terus mewujudkan berbagai program-program sosial yang langsung menyentuh masyarakat. Khususnya untuk anak-anak. Saat ini, Pemerintah Pusat sendiri terus menggulirkan program Kota Laik Anak.

Melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, program ini bakal diwujudkan. Demikian diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Sosial Budaya (Sosbud) dan Ekonomi Bappeda Kabupaten Bekasi, Mohamad Irsan Frimansah.

“Program Kota Laik Anak saat ini digulirkan Pemerintah Pusat untuk bagaimana meningkatkan peranan anak dalam pembangunan yang memihak kepada anak-anak. Dan di setiap daerah program ini sudah berjalan. Termasuk di kita (Kabupaten Bekasi, Red),” ujarnya kepada Radar Bekasi.

Ia menjelaskan pembangunan yang berpihak kepada anak-anak di Kabupaten Bekasi telah berjalan. Seperti ketersediaan tempat bermain anak di taman – taman dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Ia menjelaskan, nantinya program tersebut akan dilombakan secara nasional. “Kalau di kita jadi Kota Laik Anak maka setiap kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan anak itu dikolaborasikan dengan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak (P3A),” terangnya.

Irsan mengakui,  saat ini dari berbagai kredit poin menuju Kota Laik Anak untuk di Kabupaten Bekasi sendiri memang belum tercapai semua.

“Tapi kita akan terus wujudkan. Seperti yang sudah kita lakukan saat ini adalah sosialisasi kepada masyarakat sampai ke tingkat kecamatan selain infrastruktur laik anak,” tambahnya.

Jika dilihat dari bangunan sekolah, jelas dia, telah disediakan zona anak. “Itu salah satu perwujudan dari Kabupaten Bekasi menuju Kota Laik Anak. Kemudian, jika di tempat umum ada ruang menyusui, ada pojok anak dan lainnya. Itu terus kita galakan. Lihat saja di Puskesmas saat ini sudah lengkap dengan itu semua. Anak dalam program ini yang berusia di bawah 18 tahun,” paparnya.

Dia menambahkan, Pemkab Bekasi juga tidak melupakan keberadaan Forum Anak  yang telah ada saat ini. “Forum Anak sudah ada di kita. Dan diharapkan ada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) khusus anak-anak. Tapi dalam Musrenbang kemarin juga sudah kita masukan apa usulan-usulan dari anak-anak itu kepada pemerintah,” tandasnya. (and/adv)

Related Articles

Back to top button