Pendidikan

Belajar Agama di Kampung Ramadan

SD IT Salsabila Helat Pesantren Ramadan

Radarbekasi.id – Ratusan siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Salsabila mengikuti kegiatan Pesantren Ramadan (Pesram). Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 4 hingga 6 Juni ini,dihelat di halaman sekolah.

Mengangkat tema kampong Ramadan, kegiatan Pesram diisi berbagai kegiatan. Pada hari pertama dan kedua Pesram, siswa kelas Isampai dengan kelas V dibagi kedalam 4 kelompok dengan nama-nama yang bernuansa Ramadan, yakni masyarakat Takjil, Tarawih, Imsak dan Sahur.

Siswa yang telah tergabung didalam kelompok,  bertugas  mengelilingi kampong Ramadan melalui pos-pos yang sudah disediakan oleh panita, diantaranya pos  balai desa yang terletak di lapangan sekolah. Di pos satu ini siswa akan diberikan edukasi mengenai pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Lepas pos pertama, siswa melanjutkan savari kampungnya menuju pos kedua yang diberi nama balai kesehatan. Sampai pada pos ini siswa akan diberikan edukasi mengenai tips selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan supaya tetap dalam keadaan fit.

Perjalanan dilanjutkan menuju pos tiga yakni surau atau masjid, dalam pos tiga ini siswa diperkenalkan kepada al-Qur’an dengan hati. Kemudian yang terakhir siswa mengakhiri savari kampungnya di pos empat yang diberi nama kantor desa, terletak di aula sekolah tepatnya di lantai tiga siswa diberikan edukasi mengenai perbedaan islam pada masa kini dan islam pada masa lalu.

Salah satu guru, Risma Suci Lestari mengatakan, a setiap harinya setelah siswa berkeliling kampong akan dilaksanakan refleksi sebelum siswa beranjak pulang kerumah masing-maisng.”Setiap kelompok sehari akan berkunjung ke dua pos, setelah itu diakhir ada refleksi sebelum pulang. Kemudian sebelum kita mulai acara PESRAM, kita tadarus terlebih dahulu di balai desa (lapangan) “ ujarnya kepada radar Bekasi.

Pada hari kedua, siswa kelas III sampai dengan kelas V membuat loka karya yakni membuat kreatifitas dari kain flannel, stik es krim dan payet untuk dibawa pulang esok hari sebagai kenang-kenangan selama mengikuti PESRAM. Siswa kelas III hingga kelas V pada hari kedua ini menginap di sekolah hingga esok pagi sebelum diakhiri dengan bersih-bersih dan pulang kerumah masing-masing.

“Untuk tahun ini kita pertama kalinya kedatangan syekh dari palestina yang akan bergabung bersama kami malam nanti, nanti beliau yang akan memimpin shalat tarawih sekaligus penyerahan donasi untuk Palestina kepada syeh,”kata Wakil Kepala Sekolah Bagian Inovasi dan Pengembangan, Ade Maulana Dliya.

Sekedar diketahui,  Pesram merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh SDIT Salsabila setiap Ramadan. Pada hari kedua ini siswa kelas tiga sampai kelas lima akan melaksanakan malam bina iman dan taqwa (MABIT) hingga esok hari.

Saat radar Bekasi mengunjungi sekolah ini, terlihat komite sekolah juga  sedang mengadakan bazar murah yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar yang hasilnya akan digunakan untuk tambahan donasi.

Sejak 21 Mei yang lalu DKM sekolah menggalang donasi, sampai dengan detik ini sudah terkumpul sekitar 50 juta utuk diberikan kepada masyarakat di palestina. Sebelum berbuka, sekolah juga mengadakan santunan kepada 120 kaum dhuafa di sekitar lingkungan sekolah.  (cr38)

Related Articles

Back to top button