Berita Utama

2.500 Surat Suara Rusak

Radarbekasi.id – Surat suara untuk penyelenggaran Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Barat telah tiba di Kota Bekasi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi memusatkan surat suara di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Jalan Pangeran Jayakarta, Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Medansatria.

Komisioner KPU Kota Bekasi Divisi Umum, Keuangan dan Logistik, Kanti Prayogo, mengatakan surat suara yang tiba tersebut sebanyak 1.472.159.

Jumlah tersebut termasuk cadangan sebesar 2,5 persen atau 2 ribu surat suara untuk mengantisipasi pemungutan suara ulang.

“Ada 737 kardus surat suara yang setiap kardusnya berisi 2000 lembar. Kita pusatkan di Kantor Satpol PP, kemarin.

Saat ini, surat suara Pilgub Jawa Barat yang terdapat empat pasangan calon sudah mulai dilakukan penyortiran dan pelipatan. “Disortir oleh 200 orang dengan 19 kelompok. Lebih banyak dari Pilkada Kota Bekasi. Kita sengaja kejar target agar selesai sebelum lebaran,” tandasnya.

Usai penyortiran dan pelipatan, sebanyak 2.500 surat suara untuk Pilkada Wali Kota Bekasi rusak. Rusaknya surat suara umumnya terjadi lantaran adanya bercak tinta yang terdapat pada gambar pasangan calon (paslon). Selain itu, kerusakan juga berupa gambar paslon yang buram.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi sejauh ini sudah mengembalikan jumlah surat suara yang rusak perusahan percetakan surat suara.

Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi memastikan, surat suara yang sudah disortir dan dilipat sudah tidak lagi tercampur dengan surat suara yang rusak.”Kita sudah packing, surat suara yang sudah kita sortir dan lipat kita pastikan tidak tercampur dengan yang rusak,” kata dia, kemarin.

Saat ini, surat suara yang sudah disortir dan dilipat sudah dikemas ke dalam kotak suara dengan kondisi tersegel.

Kata Ucu, masih ada dua jenis logistik yang nantinya akan menyusul yakni, formulir C6 dan buku panduan yang diperuntukan bagi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Kebutuhan logistik lain seperti alat pencoblos paku dan bantalan sudah tiba hari ini. Sedangkan, bilik suara akan datang pada 20 juni nanti, selanjutnya pada 25 juni logistik akan dikirim ke tiap-tiap Kelurahan,” tandasnya.

Untuk Pilkada Wali Kota Bekasi, KPU Kota Bekasi sediakan 1.472.159 surat suara. Jumlah tersebut termasuk cadangan sebesar 2,5 persen dan 2 ribu untuk mengantisipasi pemungutan suara ulang. (sar)

Related Articles

Back to top button