PENDIDIKAN

Cara SMAN 8 Bekasi Mencegah Bullying

Perkuat Pendidikan Siswa dengan Iman dan Takwa

Radarbekasi.id – Sebagai salah satu sekolah unggulan di Kota Bekasi,  SMAN 8 identik dengan sekolah atlet dan sekolah yang punya perekonomian kelas atas. Untuk itu, pihak sekolah melakukan berbagai upaya untuk mencegah aksi bullying bagi siswa yang berekonomi rendah.

Humas SMAN 8 Bekasi Munawir mengatakan, pihaknya melakukan bimental atau bimbingan iman dan taqwa. Cara ini dilakukan agar siswa bisa lebih menghargai satu dengan lainnya.

“Siswa diharuskan datang ke sekolah jam 07.00 WIB setiap harinya untuk mengikuti kegiatan bimental. Tujuan dari kegiatan bimental ini yaitu mengajarkan kepada siswa untuk lebih dekat kepada Tuhannya, agar seluruh siswa merasa bahwa mereka adalah nol, tidak ada yang tinggi kecuali Tuhan mereka,” paparnya.

Dirinya menyampaikan, PPDB tingkat SMA terbagi beberapa kategori salah satu di antaranya adalah jalur WPS (Warga Penduduk Setempat) dan jalur KTM (Keluarga Tidak Mampu).

Jalur KTM (siswa tidak mampu) ini sangat rentan bagi siswa yang tingkat perekonomian kelas bawah, tidak percaya diri terhadap lingkungan yang mengakibatkan siswa yang tingkat perekonomian atas melakukan bullying.

“Masyarakat kenal SMAN 8 adalah sekolahnya orang kaya, sekolahnya atlit. PPDB adakan jalur KTM yaitu untuk siswa tidak mampu. Nah, ini sangat rentan terjadi bullying terhadap siswa yang mungkin tidak memiliki kepercayaan diri. Saya dan seluruh staf guru memiliki strategi untuk menghindari terjadinya bullying,” ucapnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh siswa tidak mengkategorikan keluarga miskin atau kaya, semuanya memiliki kesempatan untuk belajar. Kegiatan bimental ini akan terus dilakukan setiap hari.

“Siswa Muslim dikumpulkan seluruhnya di lapangan sekolah dan diberikan bimbingan oleh guru agama. Dan bagi yang nonmuslim, berkumpul di kelas dan diberikan bimbingan oleh guru agama sesuai kepercayaannya,” jelasnya.

“Kami berharap, dengan kegiatan ini, seluruh siswa akan terus berfikir positif, saling menyayangi satu sama lain dan menghindari tindakan bullying terhadap siswa satu ke siswa yang lain,” tuntasnya. (dyt/pojokbekasi)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
%d bloggers like this: