Pendidikan

Dorong Pendidikan Kewirausahaan

Radarbekasi.id – Yayasan Pembangunan Pendidikan,  Jatiasih,  berupaya mencetak siswa berjiwa wirausaha. Salah satunya dengan menyediakan bengkel yang di kelola oleh siswa. Hal ini sejalan dengan program pemerintah untuk menciptakan lulusan siap kerja.

“Di SMK ini kewirausahaannya dinamakan Unit Produksi dan di YPP baru adanya bengkel servis untuk jurusan Teknik Sepedah Motor (TSM) yang melayani servis,  tone up,  dan ganti oli. Unit Produksi ini buka setiap hari senin hingga Kamis. Akan tetapi untuk jurusan akutansi dan jurusan administrasi rkantoran belum ada untuk unit produksinya,” kata  wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Sulistiyono.

Pria yang menjabat sebagai ketua PPDB di YPP ini juga mengatakan,  dalam berdirinya unit produksi di SMK YPP ini di bantu oleh pihak swasta yaitu Yamaha.

“Program unit produksi ini merupakan model pembelajaran yang mendorong siswa untuk memiliki keterampilan melalui praktik usaha. Siswa didorong melakukan praktik wirausaha berbasis daring karena dipandang relatif murah dan mudah untuk pemula. Khususnya bagi siswa generazi Z, sejalan dengan upaya menghadapi era industri,” lanjutnya.

Pendidikan kewirausahaan ini sejalan dengan penguatan pendidikan karakter (PPK). Salah satu nilai karakter utama yang ingin dicapai melalui program unit produksi ini adalah kemandirian. Siswa akan belajar menangani rasa malu, meningkatkan rasa pede, belajar menjadi konsisten, komitmen dan tanggung jawab sehingga siswa akan dapat dipercaya.

“Saya berharap ada bantuan dari pemerintah Bekasi untuk meningkatkan unit produksi kepada jurusan lainnya disini.  Sehingga siswa kami memiliki keterampilan yang lebih produktif di dunia lapangan bukan hanya sekedar teori saja. Soalnya kan produktivitas itu kan digunakan sebagai tolok ukur keberhasilan”tutupnya.  (Cr41)

Lebihkan

Artikel terkait

Lihat Juga

Close
Close