Berita Utama

Jalur Arteri Terdampak Kemacetan di Tol Japek

Radarbekasi.id – Lalu lintas kendaraan di jalur arteri arah Cikampek yang ada di Kabupaten Bekasi mengalami kepadatan sampai sekitar 12 jam sejak Selasa (12/6) malam sampai dengan Rabu (13/6) siang.

Hal itu diduga disebabkan karena kepadatan di dalam Tol Jakarta Cikampek yang juga terjadi sejak Selasa malam.

Salah seorang pemudik, Toni mengatakan, ia bersama dengan keluarganya sengaja masuk ke jalan arteri untuk menghindari kepadatan lalu lintas di dalam tol.

Ternyata, pria yang hendak mudik ke Pemalang itu juga mengalami hal serupa di jalur arteri. “Memang (lalu lintas kendaraan) di tol juga sudah parah, makanya saya keluar di (Gerbang Tol) Bekasi Timur,” katanya di Jalan Diponegoro, Tambun Selatan, Rabu (13/6).

Sementata itu, Wakapolres Metro Bekasi AKBP Luthfie Sulistiawan mengatakan, kepadatan tersebut disebabkan karena meningkatnya volume kendaraan.

Menurutnya, hari Selasa merupakan puncak arus mudik lebaran. Sehingga, peningkatan volume kendaraan di jalur arteri di Kalimalang dan Jalan Raya Dipenogoro arah Pantura mengalami kepadatan yang cukup signifikan.

“Kepadatan bisa terurai tadi siang (Pukul 14.00 WIB), kita manfaatkan semua jalan, dan kita lakukan pengalihan jalan. Terpantau di depan SGC kecepatan 40 km/jam, jadi sudah dibilang lancar,” ujarnya.

Menurutnya, kepadatan kendaraan pemudik berpindah di Kedungwaringin yang disebabkan karena sejumlah kendala di Serangtari, Karawang. Namun, untuk wilayah Tambun Selatan sampai dengan Cikarang Timur sudah tidak ada kepadatan.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Suhup menyarankan supaya para pemudik bisa memanfaatkan semua jalur arteri yang ada di Kabupaten Bekasi. Supaya kepadataan di jalur pantura tidak terjadi.

Sejauh ini ada tiga jalur yang bisa dimanfaatkan oleh para pemudik. Diantaranya ialah Jalur Pantura, Kalimalang, dan Tol.

“Jangan fokus di satu jalur (Jalur Pantura), gunakan ketiga jalur tersebut, agar tidak terjadi kepadatan,” ujarnya. (pra)

Lebihkan

Artikel terkait

Close