Pendidikan

Siswa SMK Wajib Tes Kesehatan

Radarbekasi.id – Penerimaan siswa baru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tidak hanya mengandalkan nilai hasil Ujian Nasional (UN) saja. Namun, harus melewati tahapan seleksi, yang akan diterapkan di setiap sekolah yang dituju, salah satunya tes kesehatan dan fisik.

Seperti yang dilakukan di SMKN 3 Kota Bekasi, di sekolah tersebut siswa yang akan masuk wajib mengikuti tes fsik dan kesehatan. Tes kesehatan dilakukan untuk mengetahui siswa yang bersangkutan buta warna atau tidak.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMKN 3 Kota Bekasi, Jamaludin mengatakan bahwa di tingkat SMK tes fisik dilakukan untuk memenuhi persyaratan pada dunia kerja yang akan mereka masuki setelah tamat dari sekolah. Dia menyatakan, beberapa jurusan tertentu di SMK membutuhkan syarat tidak buta warna.

Misalnya, jurusan teknik instalasi tenaga listrik. Jurusan tersebut mempunyai kabel berwarna-warni yang memiliki fungsi masing-masing. Jika siswa tidak bisa membedakan warna, tentu akibatnya akan fatal.

Demikian pula jurusan teknik kendaraan ringan. Jurusan itu juga bersinggungan dengan kelistrikan.

“Ada perbedaan di SMK dan SMA seperti tes fisik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja, lalu untuk penjurusan mereka kalau SMK langsung saat daftar, “ ujarnya kepada radar Bekasi.

Menurutnya, tes kesehatan hanya menunjukkan bahwa siswa yang bersangkutan sehat secara umum. Termasuk berat dan tinggi badan, serta tekanan darah.”Nanti juga setelah mereka memasuki dunia kerja, bakal mengikuti seleksi tes kesehatan,”tegasnya.

Dari empat kompetensi keahlian yang terdapat di SMKN 3 Kota Bekasi yakni Akuntansi, Teknik Komputer Jaringan, Perhotekan dan Tata Boga, sekolah yang terletak di lingkungan Kecamatan Mustika Jaya tersebut menediakan 15 Kelas atau sekitar 540 kuota peserta didik pada tahun ini.

Dikatakan Jamaludin , nilai minimal SMKN 3 Kota Bekasi, untuk jurusan Akuntansi dan Teknik Komputer jaringan rata-rata poin setiap tahunnya adalah 27 sementara untuk jurusan perhotelan dan tata boga, rata-rata poin pada setiap tahunnya adalah 26. (cr38)

Lebihkan

Artikel terkait

Lihat Juga

Close
Close