Pendidikan

Program Pendidikan Backpacker Langkah Khatulistiwa

Memberikan Bantuan, Ajak Warga Peduli Pendidikan

Radarbekasi.id – Kepedulian terhadap dunia pendidikan, ditunjukan oleh sekelompok warga Kota Bekasi yang tergabung kedalam komunitas Backpacker Langkah Khatulistiwa. Apa yang mereka lakukan?

Berawal karena memiliki hobi dan keinginan untuk menjelajahi seluruh wilayah di Indonesia, nembuat komunitas Backpacker Langkah Khatulistiwa melek mata.  Saat seiring dengan perjalanan yang mereka lalui mereka menemukan daerah-daerah yang masih belum terjamah pendidikan, bahkan bangunan-bangunan sekolah yang sudah tidak layak pakai, yang tidak memungkinkan untuk dapat digunakan dalam kegiatannya belajar mengajar.

Mereka juga melihat dari kesejahteraan guru-guru didaerah yang memperoleh pendapatan sangat minim. Bahkan tidak sesuai dengan kinerja mereka sebagai salah satu tombak untuk mencetak generasi penerus bangsa.

Disisi lain mereka juga melihat semakin berkurangnya tradisi membaca dikalangan masyarakat membuat komunitas Backpacker Langkah Khatulistiwa mempunyai tujuan untuk kepedulian masyarakat Indonesia, baik dalam segi pendidikan ataupun kegiatan-kegiatan sosialainnya.

“Karena melihat hal tersebut kita membantu daerah-daerah itu dengan memberikan bantuan baik bersifat financial maupun social guna mengatasi masalah tersebut. Kami juga menerapkan pelatihan entrepreneurship agar tercipta masyarakat yang mandiri dan mengembangkan tradisi membaca dikalangan masyarakat. Kegiatan yang dilakukan biasanya berbasic travelling kebeberapa daerah yang ada di Indonesia sambil menyalurkan dana bantuan baik berupa materi ataupun non materi yang memepunyai tujuan bisa bermanfaat bagimasyarakat yang membutuhkan, “kata Siti Maimunah selaku founder dari komunitas Backpacker Langkah Khatulistiwa

Komunitas yang telah berdiri sejak 12 April 2015 memiliki visi dan misi yaitu Menciptakan dan mewujudkan generasi muda yang peduli terhadap pendidikan, sosial, dan lingkungan alam,  untuk itu mereka memiliki program yang fokus ke Pendidikan seperti literasi, memberikan beasiswa kepada anak – anak yang berprestasi di daerah,  memberikan kesejahteraan guru honorer.

“Kami sudah mempunyai pengembangan taman baca di berbagai daerah di antaranya di desa Parumpung Tasikmalaya Jawa Barat,di Desa Candi Banten, di Serui Papua, dan di Bekasi. Saat ini kami juga sudah memberikan beasiswa kepada 3 orang. 2 orang berasal dari  desa dermasuci Tegal Jawa Tengah dan 1 orang berasal dari Tangerang, ” lanjutnya

Komunitas ini mengaku, cara mencapai tujuan dengan  mengajak masyarakat baik secara langsung ataupun lewat postingan sosial media lain, berkerja sama dengan beberapa komunitas dan yayasan yang berada di Indonesia,  dan  menjaga kepercayaan donatur dan selalu memberikan laporan setelah mengadakan kegiatan, baik dokumentasi ataupun laporan lain. (*)

Lebihkan

Artikel terkait