Berita Utama

Wajib Verifikasi dan Uji Kompetensi

PPDB Khusus Untuk Siswa SMK

Radarbekasi.id – Setelah melangsungkan pendaftaran pada 4 hingga 8 Juni lalu, siswa yang akan masuk ke jenjang Sekolah Menengah Kejuuan (SMK) diminta untuk melakukan verifikasi dan uji kompetensi. Pelaksanaan Verifikasi tersebut dilaksanakan selama tiga hari yakni mulai tanggal 25, 25 dan 28 Juni nanti.

Ketua Musyawarah Kepala Sekolah (MKKS) sekolah menengah kejuruan (SMK) Kota Bekasi, Boan mengatakan, proses verifikasi jalur prestasi oleh panitia dan atau uji kompetensi  dan  tes minat serta bakat untuk siswa yang masuk SMK wajib dilaksanakan.

“Setelah proses itu dilalui maka siswa tinggal menunggu pengumuman penerimaan peserta didik baru (PPDB) online yang akan diumumkan pada tanggal 30 Juni mendatang sebelum melaksanakan daftar ulang pada tanggal 2 hingga 4 Juli mendatang.”paparnya.

Untuk siswa yang tidak lulus pada tahap pertama PPDB online tahun ini, lanjut Boan,  dapat mendaftar kembali pada tahap kedua pada tanggal 5 hingga 10 Juli setelah proses daftar ulang tahap pertama. Namun untuk tahap kedua ini jalur yang disediakan hanya satu yakni Nilai  Hasil Ujian Nasional (NHUN) saja.

Hal itu senada dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Seksi (KASI) Pengawasan Kantor Cabang Dinas Pendidikan (KCD) Wilayah III Provinsi Jawa Barat, Mawar. Ia menjelaskan bahwa untuk tahap kedua hanya akan dilaksanakan melalui satu jalur yakni jalur NHUN.”Untuk tahap kedua nanti hanya jalur NHUN saja, jalur yang lain sudah dilaksanakan pada tahap pertama, “ ujarnya kepada radar Bekasi.

Pada proses verifikasi atau uji kompetensi ini sudah ada beberapa sekolah yang melaksanakan, maka siswa hanya menunggu pengumuman pada tanggal 30 Juni mendatang. Mawar menjelaskan, verifikasi atau uji kompetensi itu adalah untuk memberikan tes pada calon peserta didik mengenai pretasi yang dimiliki serta tes fisik bagi calon siswa yang mendaftar di SMK.

“ Kalau uji kompetensi itu prestasi di olahraga apa atau apa itu di tes disitu, kalau SMK itu misalkan cacat, tato, tindik seperti itu buta warna. Kalau SMA tidak seperti itu. Untuk SMA  ada juga yang sudah melaksanakan, “ singkatnya. (cr38)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close