Berita Utama

Jembatan CBL di Sumberjaya Longsor

Radarbekasi.id – Jembatan Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL), Desa Sumberjaya longsor. Hal itu membuat masyarakat yang hendak melintas terganggu karena kondisi jalan yang sempit.

Salah satu warga Matrosyid (37) sekitar mengatakan, longsor itu terjadi belum lama ini. Sepengetahuannya, longsordisebabkan karena ada beberapa truk yang sering melintas sehingga membebani jembatan yang kondisinya memprihatinkan.

“Belum lama kok peristiwanya, namun untuk pastinya saya kurang jelas. Diperkirakan belum sampai satu minggu yang lalu,” katanya.

Jalur alternatif yang menghubungan Tambun Selatan, Cibitung, Cikarang, dan Babelan tersebut hingga saat ini masih bisa dilintasi. Tapi, harus waspada agar terhindar dari kecelakaan.

Ia menyatakan, sampai dengan saat ini masih belum ada perbaikan. Padahal, kondisi jembatan dinilai dapat membahayakan pengendara yang melintas.

“Untuk tanda-tanda perbaikan belum ada, tapi sudah ada orang yang peduli dengan memasang papan dan jalan kondisi longsor,”tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi, Jamalludin menerangkan, perbaikan longsor tersebut membutuhkan waktu.

“Kalau masalah pembangunan atau perbaikan jembatan itu butuh proses perencanaan. Jadi masalah jembatan kali CBL tersebut kita verifikasi luas dan panjangnya untuk kebutuhan diperbaiki,”ujarnya.

Ia menyatakan, pihaknya akan melakukan penghitungan dasar tanah dan kekuatan dengan baik agar konstruksinya tidak salah.

“Jalan tersebut merupakan askes alternatif. Jadi akan kita perhatikan bagi masyarakat yang belum mengetahui kondisi jalan perlu kehati-hatian lagi,”tuturnya. (and)

Close