Life Style

PLN Siagakan Genset di Kantor KPU

Radarbekasi.id – PT PLN (Persero) area Bekasi  menyiagakan genset di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota dan Kabupaten Bekasi dalam rangka mendukung kelancaran proses tahapan Pilkada serentak 2018 di wilayah setempat.

“Setiap kantor KPU ada satu genset yang kami siagakan,” ujar Asisten Manajer Jaringan PLN area Bekasi, Son Suwargono, kepada Radar Bekasi, Senin (25/6).

Penyiagaan genset itu untuk mengantisipasi adanya gangguan suplai daya listrik di tahapan Pilkada. Mulai dari tahapan pencoblosan, sampai dengan rekapitulasi suara.

Son mengatakan, PLN bersiaga menjaga keandalan pasokan listrik. Namun pihaknya tidak dapat memungkiri adanya gangguan diluar prediksi bisa saja dapat terjadi. Diantaranya gangguan yang disebabkan oleh faktor cuaca.

“Selain genset, kami juga menyiagakan personel di kantor KPU. Satu tim ada dua personel yang terbagi ke dalam tiga shift,” tukasnya.

Terpisah, General Manager PLN Distribusi Jawa Barat Iwan Purwana menyampaikan pihaknya berupaya untuk menjamin pasokan listrik selama pelaksanaan Pilkada serentak 2018 tetap lancar tanpa kendala padam. Menurutnya, hal ini diwujudkan melalui koordinasi  intensif dengan Komisi Pemilihan Umum, baik di tingkat provinsi maupun di kabupaten/kota.

Dalam koordinasi tersebut, sambung dia, didapat peta objek-objek yang dianggap vital sesuai agenda Pilgub dan Pilkada serentak yang pemungutan suaranya akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 hari ini.

Kesiapan yang telah terstandarisasi melalui Prosedur Tetap Siaga Pilkada Serentak Provinsi Jawa Barat tahun 2018 ini meliputi peta teknis pasokan listrik pada sejumlah objek penting di seluruh Jawa Barat.

“Skenario manuver beban bilamana terjadi gangguan pasokan listrik karena kondisi di luar prediksi atau force major serta daftar lokasi penting dan pejabat yang terkait dengan pengamanan  pasokan listrik,” tutur Iwan, dalam keterangan tertulisnya.

Pada Siaga Pilkada Serentak tahun ini, PLN Distribusi Jawa Barat menyiagakan 2.633 petugas. Selain itu, PLN menyiapkan sarana pendukung yang meliputi 560 unit kendaraan, 99 unit genset, 18 unit mobil crane, 101 unit gardu bergerak dan 9 unit mobil deteksi dan 4 unit deteksi portable.

PLN juga menginventarisasi peta jaringan listrik di 29 Kabupaten/Kota, terutama yang menyuplai pasokan listrik untuk kantor-kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah maupun KPUD Provinsi Jawa Barat di Bandung.

“Petugas kami berjaga di dua ujung tegangan yang menyuplai objek-objek penting selama Pilkada dan Pilgub. Masing-masing objek penting tersebut telah diinventasir pasokan utama dan pasokan cadangan untuk mengantisipasi adanya gangguan,” pungkasnya. (oke)

Related Articles

Back to top button