Metropolis

Linmas Babelan Siaga Bencana

Radarbekasi.id – Anggota Linmas se-Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, mendapat pelatihan dan sosialisasi tanggap bencana alam dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Selasa (26/6).

Pelatihan tanggap bencana kemarin, dilakukan dihalaman kantor Kecamatan Babelan, yang juga diikuti Camat Babelan, seluruh anggota Linmas di Kecamatan Babelan, dan Trantib Kecamatan Babelan.

Dari BPBD Kabupaten Bekasi, Sanusi, selaku

Kepala Bidang pencegahan dan kesiap siagaan  BPBD Kabupaten Bekasi, Sanusi mengatakan, sosialisasi dan pelatihan tanggap bencana ini adalah kegiatan Pemerintahan Kecamatan (Pemcam) Babelan dan Kassie Trantib yang bekerjasama dengan BPDB Kabupaten Bekasi untuk memberikan arahan dalam upaya menanggulangi bencana alam.

”Ini murni diselenggarakan oleh Pemerintahan Kecamatan Babelan dalam bentuk kepedulian kepada lingkungan dan masyarakat jika terjadi bencana alam di wilayahnya. Kami BPBD Kabupaten Bekasi disini berperan sebagai instruktur atau pelatih agar Linmas bisa tanggap terhadap bencana alam yang terjadi. Baik secara keilmuan ataupun praktek di lapangan pada saat sebelum bencana tanggap darurat dan pasca darurat,” beber Sanusi kepada Radar Bekasi.

Alasan dipilihnya Linmas, beber Sanusi, karena salah satu tupoksi Linmas adalah membantu melaksanakan dalam hal penanggulangan bencana. “Ini kan memang sebagian tugas Linmas kan. Makanya kita mau Linmas itu bisa tanggap dan mrngrrti cara menanggulangi bencana,” tambahnya.

Sementara, Camat Babelan Deni Mulyadi  mengatakan, kegiatan bentuk kesiagaan pemerintah Kecamatan Babelan dalam penanggulangan bencana alam di wilayah kecamatan Babelan. Di amengaku sengaja  menggandeng BPBD kabupaten Bekasi dalam pelatihan  kepada Linmas agar semua Linmas se-Kecamatan Babelan bisa tanggap dan terlatih terhadap bencana alam. Sebagai contoh Destana (Desa Tanggap Bencana) Babelan Kota yang menurutnya sudah terlatih dan teruji dalam penanggulangan bencana di wilayah Kecamatan Babelan.

”Iya ini adalah bentuk kepedulian pemerintahan Kecamatan Babelan terhadap bencana alam. Makanya, saya (Camat Babelan) gandeng BPDB Kabupaten Bekasi untuk memberi pengarahan dan pelatihan kepada Linmas. Karena BPBD Kabupaten Bekasi adalah badan yang bergerak dan teruji dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Bekasi,” ungkap Sanusi.

Dia  berharap agar seluruh Linmas di Kecamatan Babelan bisa menjalani aksi tanggap dan penanggulangan bencana jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam yang membuat warga resah dan lingkungan yang terkena musibah.”Harapan saya agar semua Linmas bisa terlatih dan tanggap terhadap bencana alam khususnya di wilayah kecamatan Babelan,” harapnya. (Cr37)

Related Articles

Back to top button