Berita Utama

Warga Pondokgede Berebut Jalur Afirmasi

Radarbekasi.id – Pendopo yang terletak di halaman kantor kecamatan Pondok Gede Kota Bekasi penuh sesak oleh Masyarakat sekitar. Mereka  hendak melakukan verifikasi sebagai tahapan Proses Pendaftaran Peserta Ddidik Baru (PPDB) daring, Selasa (26/6).

Petugas kecamatan nampak kualahan terhadap animo masyarakat yang datang untuk melakukan verifikasi. Verifikasi yang dilakukan di kantor kecamatan pada tanggal 25, 26 dan 28 Juni ini untuk siswa yang mendaftar  melalui jalur Zonasi dan Afirmasi.

Kepala Seksi (KASI) Kesejahteraan Sosial (KESOS) Kecamatan Pondok Gede Kota Bekasi, Setyo mengaku,  beberapa petugas dari pemerintah kota ikut dalam proses verifikasi tersebut yakni petugas dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Verifikasi KK, KTP dan persyaratan untuk Afirmasi. Rentan waktunya masyarakat harus sudah tinggal di Kota Bekasi dan memiliki KK, KTP Kota Bekasi minimal enam bulan,“ jelasnya kepada radar Bekasi diruang verifikasi.

Pria yang akrab disapa Tio ini mengatakan, sampai dengan hari Selasa kemarin, masyarakat yang melakukan verifikasi hampis 1000 orang. Kepadatan terjadi di hari pertama verifikasi yakni pada hari senin (25/6) lalu.

Di  kecamatan Pondok Gede Kota Bekasi  terdapat empat sekolah menengah pertama negeri (SMPN) yang akan diperebutkan  sekitar 3000 lulusan sekolah dasar,”Disini ada 4 SMP. Tiga sekolah daya tampungnya 340 siswa,  nah yang satu sekolah hanya 170 siswa jadi total daya tampungnya 1.190 siswa di kecamatan pondok gede, “ ujarnya merinci.

Menurut nya,  untuk melanjutkan sekolah sangat berat karena daya tampung sekolah negeri yang tidak sesuai dnegan jumlah lulusan sekolah dasar. Untuk memastikan verifikasi jalur Afirmasi, masyarakat harus melampirkan surat keterangan (Suket) dari RT dan RW setempat yang dinilai lebih menguasai kondisi warganya.

“Sudah kesepakatan dalam rapat, harus dikuatkan dengan keterangan dari RT dan RW yang tau kondisi warganya, “ imbuhnya. (cr38)

Related Articles

Back to top button