Berita Utama

1 Unggul Quick Count

Radarbekasi.id – Paslon nomor urut satu di Pilwalkot Bekasi dan Pilgub Jawa Barat merajai sejumlah hitung cepat (Quick Count) yang diselenggarakan lembaga survei. Di Kota Bekasi, paslon Rahmat Effendi-Tri Adhianto unggul dari paslon Nur Supriyanto-Adhy Firdaus. Sedangkan di Jawa Barat, paslon Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum menduduki posisi puncak untuk sementara waktu.

Hasil hitung cepat dua lembaga survei, Media Survei Nasional (Median) menempatkan petahana Rahmat Effendi-Tri Adhianto unggul 68,06 persen. Sedangkan penantangnya, Nur Supriyanto-Adhi Firdaus mendapat 31,94 persen.  Keunggulan ini diperoleh dari 97,03% data masuk perolehan suara dari 200 TPS di Kota Bekasi hingga pukul 18.11 dengan margin error plus minus dua persen.

Sementara itu, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menempatkan paslon nomor urut Rahmat Effendi-Tri Adhianto memperoleh 68,12 persen suara. Dan lawannya, Nur Supriyanto-Adhy Firdaus yang merupakan paslon nomor urut dua mendapat 31,88 persen. Hasil itu berdasarkan penghitungan cepat hingga pukul 15.05.

Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun menyatakan, pasangan tersebut mendapat perolehan suara sebesar 68,06 persen. Pesaingnya, Nur Supriyanto – Adhy Firdaus mendapatkan suara sebesar 31,94 persen.

’’Posisi sekarang ini kurang lebih angka Pak Rahmat Effendi dan Tri Adhianto ini jauh mengungguli Pak Nur Supriyanto dan Pak Adhy Firdaus. Dan kumpulan ini di atas margin of error yang ada. Jadi kalau kita lihat ini ada di atas 50 persen selisihnya, jadi rasa-rasanya tidak mungkin terkejar,” katanya saat press conference kemarin.

Rico menyatakan, survey itu dilakukan di 200 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar secara proporsional  di seluruh Kecamatan di Kota Bekasi. Tingkat margin of error dalam survey tersebut sebesar dua persen.

“Jadi keunggulan ini yang tentunya harus disahkan oleh KPU. Jadi kami ingin mengatakan bahwa, kurang lebih 68 persen melawan 32 persen saat ini yang dimenangkan oleh Pak Rahmat Effendi itu adalah hasil hitung cepat yang dilakukan oleh median dan itu mudah-mudahan kita akan menyaksikan bersama perhitungan secara resmi yang dilakukan oleh KPU,” paparnya.

Dinyatakan unggul berdasarkan hitung cepat lembaga survey keduanya tidak sesumbar. Rahmat Effendi mengapresiasi hasil sementara ini. ’’Alhamdulillah. Ini yang terbaik. Berkat kerja partai pengusung, tokoh masyarakat, LSM, rekan media, tokoh agama dan masyarakat luas. Ini menjadi cambuk untuk kerja kami lima tahun ke depan,” ungkap pria yang akrab daisapa Bang Pepen itu saat menggelar Nobar Quick Count di Lounge XXI Mega Bekasi Hypermall (MBH), Rabu (27/6) sore.

Keduanya juga menyadari, hasil Quick Count ini masih harus menunggu penghitungan resmi KPU Kota Bekasi pada 9 Juli mendatang. ’’Hasil Quick Count ini, Insya Allah tidak akan jauh berbeda dengan real count KPU nanti. Saya siap bekerja keras untuk Kota Bekasi bersama Bapak Rahmat Effendi,” ungkap calon wakil wali kota Tri Adhianto.

Terpisah, penantang Rahmat Effendi-Tri Adhianto, yaitu Nur Supriyanto-Adhy Firdaus yang merupakan paslon nomor urut usungan PKS dan Gerindra ini menyikapi hasil Quick Count itu dengan santai. ’’Kami menghormati hasil hitung cepat lembaga survei. Tapi kita juga harus keputusan resmi KPU Kota Bekasi,’’ ungkap Nur Supriyanto.

Pilwalkot Bekasi diikuti dua paslon. Nomor urut satu Rahmat Effendi-Tri Adhianto diusung Golkar, PAN, Demokrat, PPP, Hanura dan PKB. Sedangkan Nur Supriyanto-Adhy Firdaus diusung PKS dan Gerindra.  Pilwalkot kali ini, KPU Kota Bekasi menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 1.434.717 dengan 3.030 TPS.

Di Pilgub Jawa Barat, paslon nomor urut satu Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) yang diusung Nasdem, PPP, dan PKB juga meraja hasil Quick Count. Diantaranya, Indobarometer dengan raihan 32,40 persen suara. Disusul di urutan berikutnya Sudrajat-Syaikhu (Asyik) 28,54 persen, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (2DM) 26,10 persen dan Tb Hasanudin-Anton Charliyan (Hasanah) 12,95 persen. Versi Populi Center Rindu 33,25 persen, Asyik 28,74 persen, 2DM25,59 persen dan Hasanah 12,42 persen. (sar/neo)

Related Articles

Back to top button