Life Style

Tarif Enam KA Kelas Ekonomi Turun

Radarbekasi.id – PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta akan melakukan penyesuaian tarif pada beberapa kereta api kelas ekonomi. Keputusan penyesuaian tarif pada beberapa KA kelas ekonomi ini tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No. 31 Tahun 2018, yang mengubah keputusan sebelumnya dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 113 Tahun 2017 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik (PSO).

“Penjualan tiket KA ekonomi nonkomersial (PSO) yang mengalami penyesuaian ini akan diberlakukan mulai keberangkatan KA 1 Juli 2018,” ucap SM Humas PT KAI Daop 1, Edy Kuswoyo, sepert dilansir JPNN (Grup Radar Bekasi), kemarin.

“Bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dengan KA Serayu dari Stasiun Pasarsenen ke Stasiun Tasikmalaya, sebelum 1 Juli 2018 diberlakukan tarif sebesar Rp67 ribu, nantinya, per 1 Juli 2018, sesuai Permenhub No. 31/2018, karena jarak Pasarsenen-Tasikmalaya kurang dari 332 KM, maka penumpang hanya membayar sebesar Rp63 ribu,” imbuh dia.

Sementara bagi penumpang yang telah membeli tiket kereta api dengan tarif yang lebih tinggi dari tarif PSO yang sudah disesuaikan, berhak atas pengembalian bea.

“Alur pengembalian bea dilakukan di stasiun tujuan penumpang dengan cara menyerahkan boarding pass kepada petugas loket. Apabila bukti transaksi berupa e-boarding, maka silakan diperlihatkan kepada petugas loket untuk diverifikasi,” jelas Edy.

Edy menambahkan, penyesuaian tarif ini diharapkan semakin memudahkan masyarakat yang bepergian menggunakan KA ekonomi bersubsidi, tanpa mengurangi pelayanan.

Ada KA keberangkatan dari Daop 1 Jakarta yang mengalami penyesuaian tarif. Diantaranya, KA Brantas rute Pasar Senen-Blitar Rp84 ribu menjadi Rp80 ribu, KA Bengawan rute Pasar Senen-Purwosari Rp74 ribu menjadi Rp70 ribu, KA GBM Selatan rute Pasar Senen-Surabaya Gubeng Rp104 ribu menjadi Rp98 ribu, KA Matarmaja rute Pasar Senen-Malang Rp109 ribu menjadi Rp103 ribu, KA Serayu rute Pasar Senen-Purwokerto Rp67 ribu menjadi Rp63 ribu, dan KA Tegal Ekspres rute Pasar Senen-Tegal Rp49 ribu menjadi Rp45 ribu. (chi/jpnn)

Related Articles

Back to top button