Life Style

Morinaga Harapkan Bidan Miliki Kemampuan dan Peran Lebih

Radarbekasi.id – Kalbe Nutritionals melalui brand unggulannya Morinaga menghelat seminar Peran Spesifik Bidan dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan di Hotel Santika Mega City, Sabtu (7/7). Mengambil tema Pentingnya Kualitas Plasenta dalam Menentukan Kualitas Otak, Kecerdasan, dan Perilaku Anak, kegiatan ini diikuti sekitar 445 bidan.

Dalam seminar tersebut, menghadirkan empat narasumber yang masing-masing berkompeten dibidangnya. Yakni, Dokter Spesialis Obgyn RS Ananda Bekasi, dr. Teuku  Muhammad Iskandarsyah, Sp.OG, Ketua UKK Tumbuh Kembang – Pediatri Sosial Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), DR.dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), Pengurus Bidang 2 Pendidikan, dan Latihan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Bekasi, Head of Medical Marketing Kalbe Nutritionals, Muliaman Mansyur, dr.

Branch Head Kalbe Nutritionals 2 area Bekasi, Rino, mengatakan bidan memiliki peran penting dalam proses kehamilan sampai melahirkan. Pihaknya juga percaya bahwa 1000 hari pertama untuk usia bayi merupakan usia yang sangat krusial.

“Kami yakin melalui seminar ini, kedepannya sinergi antara Morinaga dan bidan bisa membentuk generasi yang luar biasa (berkualitas;red),” ujar Rino.

Ia mengatakan, bahwa seminar tersebut bagian dari kegiatan roadshow di sejumlah kota di Indonesia sejak 2017 lalu. Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bidan.

“Harapan kami dalam seminar ini untuk para bidan di Indonesia, khususnya di Bekasi mempunyai skill dan peran lebih terhadap ibu dan anak,” tukasnya.

Salah satu pemateri, Ketua UKK Tumbuh Kembang – Pediatri Sosial IDAI, DR.dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), mengatakan plasenta itu unik karena multifungsi. Plasenta bisa menjadi paru-paru karena membawa oksigen dengan sumber nutrisi janin ketika didalam hamil sangat memengaruhi perkembangan otak sejak awal.

“Sehingga kalau plasenta mengalami sesuatu, artinya sesuai yang kurang atau jelek maka anaknya beresiko akan mengalami gangguan tumbuh kembang anak. Mendeteksi sejak awal adanya kelainan plasenta ini sangat penting,” jelasnya.

Menurutnya, peran spesifik bidan dalam 1000 hari pertama kehidupan sangatlah penting. “Bidan harus menguatkan untuk program deteksi dini melalui pemeriksaan ibu hamil secara teratur,” pungkasnya. (oke)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close