Metropolis

Produk Pangan Belum Memenuhi Standar

Radarbekasi.id – Dinas pertanian dan perikanan Kota Bekasi sosialisasikan hygiene dan sosialisasi sanitasi produk pangan asal hewan kepada kepala pasar, ritel dan pelaku usaha produk pangan asal hewan di kota Bekasi. Kegiatan tersbeut dilaksanakan di rumah makan Raja Sunda, Bekasi Barat, Rabu (11/7)

.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi  Satia Sriwijayanti mengungkapkan,  kondisi produk dipasar yang tersebar di Kota Bekasi belum memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai ketetapan  pemerintah dalam menjaga kualitas produk.

Dirinya menilai,  kondisi produk pangan asal hewan dari sudut hygiene dan sanitasi masih jauh, maka dari itu ia bersama pihaknya menilai perlu untuk memberikan sosialisasi mengenai hal tersebut.

“ Kalau kita bicara standard detail nih misalnya dia cuci harus pakai air yang bersih, kontak produk harus menggunakan sarung tangan kalau bisa pakai masker, tapi itu kan masih jauh tapi perlahan kita coba terapkan, “ ungkapnya.

Lepas kegiatan ini, dirnya menargetkan untuk pelaku usaha secara perlahan memperbaiki kualitsa produk yang dihasikan melalui kepala pasar yang hadir saat itu. Ia berharap perbaikan kualitas produk yang beredar di masyarakat dapat meningkat.

“Kita bicara tentang hygiene sanitasi, jadi kita jadi bagaimana orang pasar, ritel juga pengolah produk peternakan itu kualitasnya lebih terjamin. Gimana caranya terjamin nah ini dibahas, Kualitas produk peternakan yang beredar dimasyarakat tentunya kita harapkan bisa meningkat, “ imbuhnya.

Dalam kegiatan ini Satia Sriwijayanti mengikut sertakan importir guna memperbaiki kualitas produk sesuai dnegan SOP  yang telah ditetapkan. Ia bersama pihaknya terus memantau kualitas produk dan penerapan SOP melalui  suhu dan cara pengemasan serta handling sesuai dengan SOP yang berlaku. (cr38)

Lebihkan

Artikel terkait

Close