Metropolis

Spesialis Maling Rokok Antarkota Ditangkap

Radarbekasi.id – Dua orang spesialis pencuri rokok di toko swalayan, Frenki Ginting (34) dan Pekdi Papahan (43) ditangkap setelah beraksi di salah satu toko swalayan di  Perumahan Pesona Anggrek Harapan, Harapan Jaya, Bekasi Utara, 13 Juni 2018 lalu.

Mereka ditangkap karena terbukti mencuri. Sementara satu orang rekan mereka, EA masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Mereka bertiga melakukan aksi pencurian dari satu kota ke kota lain. Semuanya wilayah Jawa Barat seperti Cirebon, Indramayu, Pamanukan, Subang dan Kota Bekasi.

Saat ditangkap, baik Frenki maupun Pekdi harus terkena timah panas di kakinya. Hal itu dikarenakan mereka berupaya melawan petugas untuk melarikan diri.

Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Jairus Saragih mengatakan, mereka sudah beraksi di tujuh toko swalayan di Jawa Barat. Sasaran utamanya ialah rokok berbagai jenis.

Mereka berpindah dari satu kota ke kota lain menggunakan mobil jenis Daihatsu Xenia untuk mencari sasaran toko yang sedang dalam keadaan kosong.

“Setelah mendapatkan sasaran, para pelaku turun dari kendaraannya kemudian langsung menyongkel atau merusak kunci gembok dan pintu toko dengan menggunakan gunting besi dan linggis yang sudah disiapkan  sebelumnya oleh para pelaku,” katanya, Selasa (10/7).

Apabila toko sudah terbuka, kata dia, pelaku masuk ke dalam dan langsung mengambil berbagai jenis rokok yang ada di dalam toko. Atas perbuatannya, kedua pelaku yang tertangkap dikenakan tindak pidana pencurian dengan pemberatan (curat) sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman selama lamanya tujuh tahun penjara. (neo)

Lebihkan

Artikel terkait

Close