Cikarang

Akademisi: Nomor Urut dan Dapil jadi Pemicu Pindah Partai

Radarbekasi.id – Ada sejumlah hal yang menjadi alasan seorang politisi untuk pindah ke partai lain. Hal itu menyusul beredarnya informasi terkait rencana pindahnya sejumlah politisi di Kabupaten Bekasi ke partai lain.

Akademisi dari Unisma Bekasi, Adi Susila menyatakan, perpindahan kader partai ke partai lain merupakan bagian dari dinamika politik. Apalagi, saat ini telah masuk dalam tahapan Pileg 2018.

Menurut dia, berpindahnya kader partai ke partai lain bisa disebabkan karena beberapa hal. Diantaranya ialah adanya kesamaan ideologi kedua partai. Sehingga, menyebabkan kader partai tersebut berpindah ke partai lain.

Pria yang sempat menjabat sebagai ketua KPU Kabupaten Bekas ini menyatakan, pindahnya kader ke partai lain bisa saja disebabkan karena adanya ketidakcocokan antara pimpinan partai dengan anggota partai.

Dalam suasana Pileg 2019 ini, hal yang memungkinkan untuk menimbulkan ketidakcocokan antara kader dan pimpinan ialah persoalan nomor urut dan daerah pemilihan (dapil).

Artinya, keinginan kader dan pilihan pimpinan partai bisa saja tidak selaras. Sehingga, kader memilih untuk ‘lompat’ ke partai lain. “Oleh sebab itu apabila ada partai yang menawarkan tentunya hal itu menjadi pilihan politisi tersebut,” tutupnya. (and)

Lebihkan

Artikel terkait

Close