Berita Utama

KPU: Baru Satu Parpol Daftarkan Caleg

Radarbekasi.id – Mendekati hari terakhir pendaftaran calon legislatif (caleg), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi mengakui baru satu partai politik yang mendaftarkan calegnya.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni. Hingga mendekati batas akhir pendaftaran caleg oleh parpol ke KPU Kota Bekasi yang baru datang dan mendaftarkan calegnya berasal dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

’’Hari ini baru satu parpol yang mendaftarkan calegnya, yakni partai PSI dan pendaftarannya sendiri akan ditutup pada 17 Juli 2018 besok,” tutur Nurul, Senin (16/07).

Dijelaskannya, partai PSI tersebut mendaftarkan 46 caleg dan saat ini KPU Kota Bekasi sedang melakukan proses verifikasi kelengkapan persyaratannya. Sedangkan setiap parpol bisa mendaftarkan calegnya di KPU Kota Bekasi hingga berjumlah 50 caleg.

“PSI mendaftarkan 46 caleg dan saat ini KPU Kota Bekasi tengah melakukan proses verifikasi kelengkapan persyaratannya,” katanya menambahkan.

Ia mengatakan, saat ini rencananya akan ada tiga parpol yang mendaftarkan caleg ke KPU Kota Bekasi, diantaranya Partai PSI, Partai Garuda, dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

’’Yang sudah konfirmasi ke kami akan ada tiga parpol yang mendaftar. Tapi yang datang baru satu parpol. Sedangkan proses pendaftarannya sudah kami buka sejak 4-17 Juli 2018 besok,” paparnya.

Dari informasi yang didapat, pendaftaran akan menumpuk pada Selasa 17 Juli 2018 (hari ini).

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bekasi, Ronny Hermawan mengatakan telah selesai melakukan penjaringan dan verifikasi kepada putra putri terbaik kader Partai Demokrat se-Kota Bekasi yang akan diajukan sebagai calon legislatif DPRD Kota Bekasi.

“Dari Total 70 orang telah disaring menjadi 50 calon legislatif yang akan dikirimkan ke KPUD Kota Bekasi pada Selasa 17 Juli 2018. 50 orang ini akan berjuang di enam daerah pemilihan se-Kota Bekasi,’’ ujarnya.

Komposisi kuota perempuan, imbuh Ronny, telah memenuhi persyaratan yaitu 30 persen lebih calon dari kaum perempuan sebagai penghargaan tertinggi bagi kaum perempuan dan memenuhi ketentuan UU.

“Dalam proses penjaringan dan seleksi dibentuk panitia lolektif yang bekerja dengan jujur dan transparan dalam menilai sosok yang diajukan. Terpenting adalah didalam prosesnya kami komitmen melaksanakannya tanpa mahar politik,’’ ungkapnya.

“Semua di tempatkan berdasarkan kualitas, kapasitas masing masing caleg. Selanjutnya akan ada pembekalan kepada seluruh caleg agar mumpuni dan berpengetahuan yang cukup tentang sosial dan politik,’’ sambungnya.

Ketua PPP Kota Bekasi, Sholihin menuturkan partai berlambang kabah itu akan mendaftarkan para caleg ke KPU besok (hari ini). ’’Insya Allah besok (hari ini). Semua pengurus dan para bakal calon legislatif akan hadir,’’ tandasnya. (sar) 

Close