Berita Utama

Calhaj Rekam Biometrik di Embarkasi Haji

Radarbekasi – Calon jemaah haji (calhaj) yang ada di Embarkasi Haji Jakarta-Bekasi, melakukan rekam sidik jari dan data biometric langsung di lokasi. Hal itu dilakukan agar mereka tidak mengantri ketika berada di Bandara Arab Saudi.

Kepala Kantor Kementrian Agama Wilayah Jawa Barat, Ahmad Bukhori mengatakan, tahun ini merupakan tahun pertama dilakukannya perekaman sidik jari dan data biometrik di lokasi tersebut.

Pada tahun sebelumnya, lanjut Buchori, perekaman sidik jari dan data biometrik dilakukan oleh Imigrasi Arab Saudi di Bandara Arab Saudi. Antrean disana dilakukan bersama dengan calhaj dari seluruh penjuru dunia.

Ia menyatakan, untuk pemeriksaan imigrasi di Arab Saudi memerlukan waktu minimal empat jam. Bahkan, kata dia, jika sedang dalam keadaan ramai bisa sampai sepuluh atau 12 jam. Oleh karena itu, atas kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi, perekaman sidik jari dan biometrik langsung dilakukan di Embarkasi.

“Jadi nanti mereka turun langsung ke kendaraan. Jadi tidak melalui pemeriksaan kembali di Arab Saudi,” katanya.

Ia menjelaskan, ada sebanyak 808 orang calon jamaah haji yang sampai di Embarkasi Jakarta Bekasi sampai dengan sekitar Pukul 12.00 WIB. Mereka berasal dari Sumedang dan Tasikmalaya.

“Alhamdulillah bahwa kloter pertama untuk embarkasi Jakarta Bekasi sudah tiba disini dua jam lebih awal dari jadwal yang kita tentukan. Sehingga mereka sempat ada yang salat shubuh disini,” ujarnya.

Ia menjelaskan, masing-masing kloter ada sebanyak 410 calon jemaah haji. Dari jumlah tersebut, 404 merupakan calon jemaaah haji dan enam diantarnya merupakan petugas kloter.

“Insya Allah pada Pukul 01.15 WIB dini hari mereka sudah take off nanti untuk kloter pertama kita berangkatkan ke Bandara Soekarno Hatta, dan nanti menyusul dua jam berikutnya kloter yang berikutnya,” ujarnya.

Bukhori menyatakan, setiap kloter minimal berada di Embarkasi Haji Jakarta Bekasi selama sembilan jam sesuai dengan Standard of Procedure (SOP) yang ada. Menurut dia, akan ada sebanyak 98 kloter yang akan datang ke Embarkasi Jakarta Bekasi. (neo)

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button