Life Style

Legalitas jadi Kendala

Radarbekasi.id – Pemerintah Kabupaten terkendala legalitas usaha untuk memberikan bantuan modal pembiayaan kepada Industri Kecil Menengah (IKM) di wilayah setempat.

Kepala Seksi Industri Elektronika dan Telematika pada Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi, Mansur Sulaiman, mengatakan masih banyak IKM diwilayahnya yang belum memiliki legalitas usaha. Padahal, dari sisi produk sudah cukup bersaing.

“IKM  itu modalnya sangat kecil. Jadi ketika ingin mengurus perizinan mereka terkendala biaya. Perlu ada kebijakan masalah perizinan,” ujar Mansur kepada Radar Bekasi, beberapa waktu lalu.

Banyaknya IKM yang belum memiliki legalitas usaha membuat Pemerintah tidak bisa berbuat banyak. Misalnya dalam membantu modal pembiayaan usaha.

“Kalau IKM sudah punya legalitas, dari Pemerintah Pusat, Provinsi, maupun Daerah pasti bisa mendapatkan modal pembiayaan,” katanya.

Sebab, kata dia, untuk mendapatkan modal pembiayaan maka IKM harus berbadan hukum diatas dua tahun. Setelah itu mereka bisa didukung dalam hal pembinaan maupun pembiayaan.

“Karena mereka masih banyak yang belum berbadan hokum, kita paling support alat-alat usaha saja. Itu pun  dipinjamkan, bukan hak milik,” tukasnya. (oke)

Lebihkan

Artikel terkait

Close