Politik

Daris: Partai Punya Kriteria dan Kewenangan

Soal Mantan Dewan Gagal Nyaleg

Radarbekasi.id – Partai Gerindra memiliki kriteria dan kewenangan untuk menentukan masuk atau tidaknya kader sebagai bakal calon anggota legislatif (bacaleg). Tentunya dengan pertimbangan yang dilakukan oleh tim seleksi yang telah dibentuk.

Demikian hal itu disampaikan Wakil DPRD Kabupaten Bekasi dari Partai Gerinda, Daris. Dirinya angkat bicara mengenai adanya kader yang tidak masuk sebagai bacaleg, Agus Suryadi.

Menurut Daris, jumlah peminat yang ingin menjadi bacaleg dari partai juga menjadi salah satu pertimbangan partai memutuskan siapa saja kader yang menjadi bacaleg atau tidak. Untuk  Partai Gerindra, kata dia, banyak yang berminat. Sehingga, jumlah pendaftar di setiap daerah pemilihan (dapil) melebihi dari kebutuhan.

Seperti yang terjadi di Dapil IV Kabupaten Bekasi yang hanya tersedia sepuluh kursi. Dari jumlah tersebut, 30 persen harus perempuan  dan 70 persen laki-laki atau tiga orang perempuan, dan tujuh orang laki-laki.

Sehingga, menurut dia, keputusan masuk atau tidaknya berdasarkan seleksi yang dilakukan oleh tim seleksi dari Jawa Barat. “Yang berhak menilai tim seleksi yang di bentuk oleh tim Jawa Barat waktu itu. Tidak lolos boleh saja kecewa, tapi partai punya kriteria, kewenangan, dan seterusnya. Mungkin, karena saya tidak duduk di situ,” ucapnya saat diwancara Radar Bekasi, Senin(23/7).

Terkait dengan penghargaan yang diterima Agus sebagai Kader Muda Terbaik Partai Gerinda tahun 2011, menurutnya, perlu dilihat rekam jejak setelah kader tersebut mendapatkan penghargaan tersebut.

Sepengetahuan Daris, pada tahun 2014 yang bersangkutan mendapatkan kesempatan mencalonkan diri bahkan mendapatkan nomor urut satu. Tapi, pada kenyataannya yang bersangkutan tidak kembali dipilih oleh masyarakat.

“Dia pernah menjabat anggota DPRD (periode 2009-2014), tapi saat mencalonkan lagi, dia tidak dapat kan, artinya tidak dipilih lagi kan sama masyarakat. Baik enggak itu ?, artinya tidak ada jaminan sebagai kader muda terbaik,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Agus Suryadi gagal menjadi bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di Daerah Pemilihan (Dapil) IV Kabupaten Bekasi. Ia mengaku kecewa dengan keputusan tersebut. Padahal, ia mengantongi sertifikat Kader Muda Terbaik dari Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Lembah Hambalang pada Oktober 2011 silam.

Menurut dia, seharusnya hal itu menjadi nilai lebih untuk mendapatkan nomor urut untuk menjadi calon anggota legislatif (caleg). Ia menuding proses penetapan bacaleg di internal partainya tidak transparan karena tidak  ada alasan atau keterangan terkait kegagalan dirinya menjadi bacaleg.

“Sertifikat ini jangan main-main, soalnya ditandatangani langsung oleh Ketua Dewan Pembina Partai Gerinda Prabowo Subianto,” ucap Agus yang pernah menjabat sebagi Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi periode 2009 sampai 2014, Minggu (22/7). (pra)

Related Articles

Back to top button