Metropolis

Kelurahan Pejuang Waspadai Musim Penghujan

Radarbekasi.id – Sebagai wilayah yang kerap dilanda banjir, pemerintah Kelurahan Pejuang, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi terus melakukan perbaikan dengan membersihkan lingkungan. Hal ini sebagai antisipasi datangnya musim penghujan.

Kemarin, sejumlah aparatur dibantu warga sekitar melakukan aksi grebek Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban (K3). Dalam kegiatan tersebut, pihak kelurahan juga mensosialisasikan berbagai program, salah satunya keamanan lingkungan.

 “ Paling curanmor ya, ada curanmor beberapa kali, terus masalah banjir sih yang lebih banyak. Biasalah musim penghujan jadi banjir, tapi kita sudah antisipasi sih melalui normalisasi sungai. Terutama dimusim penghujan kita selalu sosialisasikan tentang K3, terus di selokan-selokan, sungai-sungai bantaran sungai untuk menjaga sampah-sampah dan sekaligus kita juga koordinasi dengan dinas PUPR, LH selaku liding sector kalau ada urgent-urgent langsung melakukan pematusan, “ ungkap Sekertaris Kelurahan Pejuang, Ali Yusni kepada Radar Bekasi.

Selain itu, perbaikan  terus dilakukan setiap tahunnya terutama terkait dengan saluran air. Dia  menghimbau kepada masyarakat disekitar lingkungan kelurahannya untuk lebih tertib dalam membuang sampah.

Salah satu kelurahan yang memiliki daerah terluas di kawasan Kecamatan Bekasi utara dengan 33 Rukun Warga (RW) yang terdiri dari 84.000 jiwa penduduk tersebut memetakan daerah yang rawan terjadi banjir, seperti  kawasan perumahan. Pasalnya daerah perumahan tersebut awalnya adalah kawasan pertanian sehingga memiliki dataran yang relative rendah.

“ Diperumahan biasanya, seperti  di blok 24 terus THB, karena lokasi tersebut awalnya hanya  sawah dan dataran rendah,“ imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Ekonoim Pembangunan (Ekbang) kelurahan Pejuang, Jusep S mencatat bahwa pada tahun 2017 total sebanyak 22 pengajuan di ajukan terdiri dari Rutilahu 10 rumah, perbaikan jalan sebanyak 3 ruas, saluran air, taman kota, Sekretariat RW dan secretariat LPM serta BKM.“ yang sudah berjalan Rutilahu, untuk Rutilahu sudah beres semua “ singkatnya.  (cr38)

Related Articles

Back to top button