Pendidikan

Saling Bersinergi dalam Pendidikan Anak

Oleh: Acep Suhendar

Radarbekasi.id – Pendidikan merupakan salah satu bagian terpenting dalam hidup, untuk itu perlu adanya perencanaan yang bener benar matang, baik dalam perencanaan orang tua dalam memilih sekolah yang sesuai dengan keinginan, pemerintah dalam menentukan sistem pendidikan, Sekolah dalam menentukan kebijakan, maupun guru dalam menentukan metode pembelajaran. Namun ada satu hal yang benar benar menjadi perhatiaan akhir akhir ini. Siapakah yang sebenarnya mengambil peranan terpenting dalam pendidikan anak ?.

Beberapa kasus terjadi dalam dunia pendidikan, saling melempar tanggungjawab dalam kewajiban mendidik anak, orang tua menyalahkan guru karena pembelajaran di sekolah, guru menyalahkan orang tua karena sebagai orang yang melahirkan si anak, ada pula yang menyalahkan pemerintah karena dianggap gagal dalam membuat sistem pendidikan yang akhirnya membandingkan dengan sistem pendidikan kita dengan Negara yang lebih maju seperti Finlandia dan Jepang.

Daripada kita berdebat dan saling menyalahkan yang hanya membuang buang waktu, lebih baik kita duduk bersama dan saling bersinergi mencari jalan terbaik untuk masa depan anak anak kita. Ki Hajar Dewantara mengatakan ada tiga lingkungan dalam pendidikan anak yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Tiga lingkungan tersebut dikenal dengan nama Tri Sentra Pendidikan.

Lingkungan Keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak sebagai anggota keluarga. Rasulullah pun mengatakan bahwa orang tua terutama Ibu merupakan majelis pertama bagi anak anaknya, karena sejak kecil anak tumbuh dan berkembang dalam lingkungan kelurga. Pendidikan informal anak dimulai dari keluarga, pembelajaran pada anak terjadi setiap hari saat interaksi antar dan keluarga dan peran orang tua menjadi panutan bagi anaknya. Dalam keluarga, orang tua sangat berperan penting dalam pembentukan karakter dan kepribadian si anak, orang tua pun yang paling tahu tentang kemauan si anak.

Lingkungan Sekolah yang merupakan satuan pendidikan yang menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara formal, disekolah inilah anak anak mengenal lingkungan baru, teman baru dan juga suasana yang baru, peran pendidikan di sekolah saat ini lebih mengedepankan fasilitas kepada peserta didik dalam arti student center bukan lagi teacher center. Peran guru dalam memfasilitasi peserta didik dapat dilakukan dengan banyak cara, guru dapat berperan sebagai motivator, fasilitator ataupun tutor bagi peserta didik. Sekolah harus melakukan pembinaan peserta didiknya sesuai dengan perkembangan zaman, disini orang tua juga harus memahami bahwa sekolah bukanlah tempat penitipan anak ataupun laundry anak tetapi perlu juga adanya peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar maupun perilaku anak.

Lingkungan masyarakat merupakan tempat berkumpulnya sekumpulan manusia yang saling berinteraksi dalam suatu hubungan sosial. Anak secara langsung maupun tidak langsung akan berinteraksi satu sama lain, disini perlu adanya lingkungan yang mendukung untuk pertumbuhan anak. Sekolah sebagus apapun jika lingkungan pergaulannya dimasyarakat tidak baik maka akan berpengaruh pada perilaku dan tumbuh kembang anak. Ini menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat agar dapat menciptakan lingkungan yang selalu kondusif.

Peran serta ketiga lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat harus dapat menunjang tercapainya pendidikan bagi anak. Ketiga lingkungan tersebut mempunyai peran masing masing di dalam proses pendidikan serta mengisi dan saling memperkuat satu sama lain. Tanggungjawab pendidikan anak tidak hanya tanggungjawab lembaga sekolah semata namun juga keluarga dan masyarakat. (*)

Lebihkan

Artikel terkait

Lihat Juga

Close
Close