Metropolis

Momentum Meningkatkan Pelayanan ke Masyarakat

Radarbekasi.id – Persiapan terus dilakukan oleh Posyandu Teratai 8 Kampung Cibungur RT011/06 Desa Nagasari, Kecamatan Serang Baru untuk mengikuti lomba Posyandu tingkat Kabupaten Bekasi. Posyandu Teratai 8 mewakili sekitar 106 Posyandu yang ada di Kecamatan Serang Baru. Itu terjadi lantaran Posyandu Teratai 8 dinilai yang terbaik dari 106 Posyandu lainnya.

Plt. Kepala Desa Nagasari, Nursan Hidayat, menjelaskan, kader Posyandu harus mampu memanfaatkan momentum ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya, setiap posyandu harus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat yang didukung dengan Partisipasi masyarakat. Apalagi Posyandu Teratai 8 ini berda ditengah-tengah dua kawasan industri KITIC dan GIIC. Bahkan secara perekonomian akan lebih baik dari daerah atau kampung lainnya.

“Soal menjadi juara, kita serahkan saja sepenuhnya pada Tim penilai. Yang penting kita (Kader Posyandu) sudah melakukan usaha yang maksimal dan bisa ikut ajang besar ini,” kata Nursa.

Ketua Posyandu Teratai 8 Desa Nagasari, Junaesah Widia menambahkan, pelayanan kesehatan terhadap masyarakat Posyandu harus ditunjang dengan kemampuan kader-kader Posyandu yang selalu mendapat pembinaan dari puskesmas.

Posyandu Teratai 8, yang maju mewakili Posyandu lainnya merupakan kepercayaan dari pihak Kecamatan Serang Baru sendiri. Karena, kata Junaesih, Posyandu merupakan pemberdayaan masyarakat yang dikelola oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Adanya posyandu sebagai upaya peningkatan kesehatan ditingkat bawah dengan tujuan agar menurunnya kematian ibu dan anak.

Ditempat yang sama Kabid Kelembagaan DMPD Soegiana mengatakan, lomba posyandu adalah untuk meningkatkan kualitas kader-kader, baik itu administrasi maupun dalam pelayanannya. Sehingga kedepannya pelayanan dasar kesehatan diposyandu, seperti terhadap ibu hamil dan balita dapat terpenuhi dengan baik.

“Sehingga terhindarnya warga dan masyarakat akan timbulnya gizi buruk, dan semakin sadarnya untuk hidup sehat,” bebernya. (Cr37)

Related Articles

Back to top button