Berita Utama

FIB: Revolusi Industri 4.0 Lebih Efisien

Radarbekasi.id – Forum Investor Bekasi mengapresiasi langkah Pemerintah dalam merancang Making Indonesia 4.0 sebagai sebuah roadmap (peta jalan) yang terintegrasi untuk mengimplementasikan sejumlah strategi dalam memasuki era Industry 4.0.

“Revolusi industry 4.0 ini sudah berorientasi kepada teknologi berbasis teknologi informasi, komunikasi, dan automasi. Jadi ini akan lebih efisien,” kata Ketua Umum Forum Investor Bekasi, Deddy Harsono, kepada Radar Bekasi, kemarin.

Menurut Deddy, Indonesia memang sudah seharusnya untuk menjalankan revolusi industry 4.0. Sebab, jika tidak begitu, maka dapat berdampak kepada tingkat perekonomian.

Saat ini, kata dia, Pemerintah secara bersama-sama dengan berbagai pihak untuk menyiapkan infrastruktur dari roadmap, terutama dari sisi jaringan. Ia bersama para investor juga sudah melakukan pembahasan dengan Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto, terkait making Indonesia 4.0.

“Saya sudah bahas dengan Pak Menteri, ini adalah ide bagus. Makanya waktu itu beliau kami minta juga untuk mensosialisasikan hal ini kepada investor. Jadi investor tahu Indonesia akan dibawa kemana dengan adanya Making Indonesia 4.0 ini,” katanya.

Dengan menerapkan Industry 4.0, Pemerintah menargetkan, aspirasi besar nasional dapat tercapai. Aspirasi tersebut secara garis besar, yaitu membawa Indonesia menjadi 10 besar ekonomi di tahun 2030, mengembalikan angka net export industri 10 persen, peningkatan produktivitas tenaga kerja hingga dua kali lipat dibanding peningkatan biaya tenaga kerja, serta pengalokasian 2 persen dari GDP untuk aktivitas R&D teknologi dan inovasi atau tujuh kali lipat dari saat ini. (oke)

Close