Cikarang

Pelebaran Jalan Kalimalang Terancam Gagal

Radarbekasi.id – Pelebaran Jalan Raya Kalimalang dari bataas Kota Bekasi hingga Cibitung terancam gagal. Sampai dengan saat ini, bantuan anggaran pelebaran jalan yang diberikan Kementrian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang sebesar Rp35 miliar belum terserap.

Belum dilaksanakannya pelebaran jalan sampai dengan saat ini disebabkan karena proses pembebasan lahan yang tidak kunjung tuntas. Padahal, Surat Pelaksanaan Kegiatan (SPK) dari Kementrian PUPR untuk membangun Jalan Raya Kalimalang sepanjang kurang lebih lima kilometer sudah terbit sejak bulan lalu.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha mengatakan, terkait Jalur Kalimalang merupakan tanggung jawab bersama dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Memang ada fokus pemerintah pusat terkait pembangunan infrastruktur di Jalan Tol Jakarta – Cikampek yang sedang dalam pembangunan. Sehingga jalur arteri perlu diperbaiki untuk penunjang kelancaran lalu lintas,”katanya kepada Radar Bekasi.

Iman menjelaskan, pihaknya bekerjasam dengan Kementrian PUPR untuk pelebaran jalan raya kalimalang. “Jadi Kementrian PUPR itu akan membangun sekitar tujuh Kilometer, tapi kita harus membantu dalam pembebasan lahan serta penertiban bangunan liar untuk pembangunan jalan. Tapi untuk saat ini masalah penertiban dan pembebasan lahan masih perlu perjuangan,”ujarnya.

Ia menyatakan, jika pelebaran jalan di kalimalang tidak dilakukan maka Kementrian PUPR tidak akan menganggarkan pada tahun depan karena tahun ini sudah ada  SPK namun belum bisa direalisasikan.

“Kita harapkan tahun ini bisa rampung, saying kan kalau tidak terserap padahal Kementrian PUPR sudah menganggarkan. Dan terkait masalah pembebasan lahan bisa ditanyakan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan seperti apa progresnya,”ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Bekasi, Iwan Ridwan  belum dapat dikonfirmasi. ”Maaf bang bapak sedang tidak ada dikantor,” kata salah satu staf di kantornya. Nomor gawainya juga tidak aktif ketika dihubungi. (and)

Related Articles

Back to top button