Pendidikan

Cara UI Membina Jiwa Wirausaha Warga Lapas

Bekali Pengetahuan Teknologi dan Informasi

Radarbekasi.id – Mahasiswa Universitas Indonesia, melakukan pembinaan kepada warga Lembaga pemasyarakartan Kelas III Cilampayan. Seperti apa?

Civitas akademis Universitas Indonesia (UI) terus mengkonkretkan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya dengan kegiatan pembinaan bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Cilampayan, Pasirtanjung, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi.

Bertema Peningkatan Kapasitas Warga Binaan Melalui Kewirausahaan Berbasis Marketing Digital diselenggarakan selama dua hari, 30-31 Juli 2018. Kegiatan yang diikuti oleh 25 warga binaan ini diharapkan menjadi bekal wirausaha pasca bebas nanti dengan memanfaatkan teknologi.

Ketua Program Hibah Pengabdian Masyarakat UI, Rahmi Setiawati mengungkapkan, stigma negatif masih kerap dialami para mantan narapidana selepas mereka menjalani masa hukuman. Alhasil, mereka yang tidak memiliki keterampilan dan pengetahuan memadai berwirausaha akan kesulitan menempuh ekonomi mandiri.

’’Nah, kami membantu dan membina dengan keterampilan berwirausaha yang memanfaatkan teknologi digital,’’ ungkap Rahmi usai kegiatan berakhir.

Pemanfaatan teknologi digital ini, imbuh Rahmi, mulai dari hulu hingga hilirnya. Mulai dari menciptakan produk, memproduksi, hingga memasarkannya. Lewat teknologi digital, karya-karya mereka diharapkan bakal dikenal luas hingga level nasional-internasional. Tentu saja dengan tetap memperhatikan standar kualitas mutu dan sistem manajemennya. Sehingga melahirkan produk yang memiliki daya saing.

Kampus dalam hal ini, sambung dosen berkacamata ini, juga memberikan instrumen pendampingan melalui marketing digital sebagai peluang pemasaran online melalui market place. ’’Bisa meningkatkan promosi dan branding hasil karya mereka,’’ imbuhnya.

Sehingga saat keluar dari lapas nanti, mereka menjadi agen perubahan yang memiliki daya saing sekaligus meminimalisir kembalinya mereka ke tindakan kriminalitas. ’’Akhirnya mereka diterima masyarakat lagi dan mampu meningkatkan kesejahteraan lewat kegiatan ekonomi yang mandiri,’’ pungkasnya. (zar)

Close