Cikarang

Kecamatan Tidak Bisa Layani Pembuatan KTP-El

Tiga Hari Bolak Balik Kantor Disdukcapil

Radarbekasi.id – Sejumlah kecamatan di Kabupaten Bekasi disebut tidak bisa memberikan layanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik karena sistem berada di luar jaringan (luring atau offline).

Hal itu menyebabkan warga dari kecamatan harus mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi untuk mengurus keperluan administrasi kependudukan.

Salah satunya ialah Eko Panji Prasetio. Warga Perumahan Papan Mas Indah 1 blok i 40 no 14 RT 08/24, Desa Mangun Jaya, Kecamatan Tambun Selatan, mendatangi kantor Disdukcapil Kabupaten Bekasi karena hendak mengurus KTP-el untuk adiknya. Alasannya, jaringan di kecamatan sudah luring selama tiga bulan kebelakang.

Ia mengatakan, sudah tiga hari berturut-turut mendatangi kantor Disdukcapil yang berada di Kecamatan Cikarang Pusat itu. Namun, dirinya tidak mendapatkan nomor antrean walaupun sudah sejak Pukul 08.00 WIB.

“Saya mau mengurus pembuatan KTP untuk adik saya, soalnya sekarang kalau umur sudah 17 tahun, daftar Ujian Nasional (UN) harus pakai KTP, atau Surat Keterangan (Suket). Di kantor Kecamatan offline (luring) sudah tiga bulan, dan di kantor Diskucapil juga susah bangat, ini penting buat adik saya daftar Ujian Nasional (UN),” katanya kepada Radar Bekasi, Rabu (1/8).

Sementara itu, berdasarkan penelusuran, salah satu kecamatan yang mengalami luring ialah Kecamatan Sukakarya. Hal itu dibenarkan Kasi Kependudukan Kecamatan Sukakarya, Nurdin.

Ia mengungkapkan, bahwa hal itu sudah terjadi sejak satu bulan kebelakang. Jika ada masyarakat yang hendak melakukan perekaman, diarahkan ke kantor kecamatan lain atau kantor Disdukcapil Kabupaten Bekasi.

“Inti kerusakan di server dan jaringan. Jadi jaringannya bisa, servernya tidak, server bisa jaringannya ada gangguan,” ujarnya.

Sementara itu, Disdukcapil Kabupaten Bekasi masih belum memberikan keterangan terkait dengan hal ini.(pra)

Related Articles

Back to top button