Metropolis

Pedagang Bendera Minim Pembeli

Radarbekasi.id –Pedagang bendera di Jalan Hasanudin Tambun. Sejumlah pedagang bendera mengaku masih sepi pembeli.

Sejumlah pedagang bendera merah putih di Kabupaten Bekasi, mengeluhkan omset penjualan yang menurun drastis ditahun ini dibandingkan dari tahun sebelumnya.

Salah seorang pedagang bendera dan umbul-umbul di Jalan Hasanudin Tambun, Kecamatan Tambun Selatan, Apri, mengaku pada H-16 HUT RI tahun ini, pendapatan jual bendera belum terlihat maksimal dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Dikatakan Apri, penjualan bendera dan umbul-umbul pada H-16 tahun 2017 lalu, keuntungan penjualan bendera bisa mencapai Rp100-200 ribu perharinya. Namun, hingga Rabu kemarin, Apri hanya bisa meraup untung sebesar Rp50-70 ribu saja dalam satu hari.

“Jauh banget bedanya (keungtungan tahun ini dibandingkan dengan awal bulan Agustus tahun 2017 lalu). Kalau dulu, awal Agustus gini aja udah rame yang beli. Bisa laku 20-an (bendera). Ini, sampe siang ginu aja baru laku empat bendera yang ukurang sedeng (120 centimeter),” keluh Apri, perantau dari wilayah Cilacap, Jawa Tengah, saat dijumpai Radar Bekasi, Rabu (1/8).

Tak hanya itu, harga beli bendera dan umbul-umbul, kata Apri, juga mengalami kenaikan sebesar Rp500-1000 dari tahun sebelumnya. “Ini juga udah naik. Dari sananya aja (agen bendera), kita cuma ambil (untung) Rp5 ribuan. Beda si ya harganya dari yang tahun dulu (2017),” imbuhnya.

Tak hanya Apri, penjual bendera lainnya disekitar Terminal Kalijaya, Kecamatan Cikarang Barat, juga mengeluhkan hal serupa. Rahmat Hidayat, seorang penjual bendera di Desa Kalijaya juga mengaku bahwa omset penjualan bendera tahun ini, hingga Rabu kemarin belum menunjukan keuntungan signifikan.

Rahmat mengaku, hingga Rabu siang kemarin, usaha jual bendera yang ia gelar dipinggir Jalan Raya Fatahilah itu, baru mendapatkan pembeli sebanyak dua orang. Itu pu hanya mendapatkan untung sedikit. “Ini kita (penjual bendera, red) aja baru dua orang yang beli. Kita buka dari jam 8-an pagi, sampe sekarang (pukul 11.00), ya ini (baru dua pembeli),” keluh Rahmat.

Dari informasi yang dihimpun Radar Bekasi, harga bendera maupun umbul-umbul yang ditawarkan para penjual menyambut HUT RI tahun ini dikisaran harga Rp30 ribu, untuk ukuran 90 CM, Rp45 ribu untuk ukuran sedang, 120 CM hingga Rp60 ribu, untuk ujuran 150 CM. “Kalau yang besar, yang ada logo pusaka, ukuran 180 centimeter itu harganya Rp80 ribu,” tandasnya. (Cr37)

Related Articles

Back to top button