Berita Utama

Kasus Pelecehan Seksual Tertinggi

Potret Kasus Anak di Kota Bekasi

Radarbekasi.id – Ketua KPAD Kota Bekasi terpilih, Aris Setiawan, mengatakan dari sekian jenis kasus yang terjadi, kasus pelecehan seksual dan persetubuhan menjadi kasus yang mendominasi pada empat tahun terakhir di Kota Bekasi.

Pada tahun 2015, dari 100 kasus yang ada, pelecehan seksual dan persetubuhan menjadi kasus yang mendominasi yakni sebanyak 26 dan 27 kasus.

Sementara di tahun 2016, dari 127 kasus yang ada, pelecehan seksual menunjukkan angka 42 kasus, sementara persetubuhan berada diangka 24 keduanya lebih tinggi dari kasus-kasus yang lain.

“Untuk kasus pada tahun 2017, dari 198 kasus yang ada, 67 kasus pelecehan seksual, sementara lebih sedikit 13 kasus persetubuhan. Pada data tahun 2018, KPAD mencatat hingga Juni lalu, bertengger diperingkat atas, 32 persen kasus pelecehan dan persetubuhan,” ucapnya usai menghadiri pelatihan pencegahan dan penanganan kasus kekerasan terhadap anak, Rabu (1/8).

Aris belum merinci data tahun 2018 karena pihaknya masih melakukan kroscek dan pendataan. “Ini yang tahun 2018, kita belum pilah jadi kita sajikan persentasenya, ” imbuhnya ketika menunjukkan data di tahun 2018

Lanjut Aris, data tersebut diharapkan menjadi gambaran satgas ramah anak dan kader posyandu untuk memiliki kepercayaan diri dengan menampilkan sanksi dan hukuman yang digunakan dalam kasus anak.

“Supaya mereka percaya diri, saya juga sajikan hukuman dan sanksi yang digunakan dalam menangani kasus anak “ imbuhnya.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan penanganan Kekerasan DPPPA Kota Bekasi, Mien Aminah mengatakan pemahaman yang diberikan kepada stake holder  termasuk satgas ramah anak dan kader posyandu diharapkan dapat mencegah persoalan tersebut ditingkat grasroot.

 ”Adanya kepedulian masyarakat dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak, apabila ada kasus yang terjadi dilingkungan segera ditangani.  Penyebarluasan informasi dari materi yang diterima bisa diberikan kepada masyarakat dilingkungannya masing-masing, “ tandasnya. (cr38)

Related Articles

Back to top button