Metropolis

Mengunjungi Kampung 3D di Pekayon

Sulap Wilayah Kumuh jadi Objek Wisata

Radarbekasi.id –Warga saat berada di kampung 3D Gang Gayor RT 05 RW 026 Kelurahan Pekayon . Lokasi tersebut akan disulap menjadi tempat destinasi wisata.

Kota Bekasi saat ini terus bersolek. Salah satu yang dilakukan yakni dengan menjadikan kampung kumuh sebagai tempat objek wisata. Seperti apa?

Kampung  padat penduduk dan kumuh bukan berarti tidak bisa menjadi tempat destinasi wisata yang menarik. Seperti Gang Gayor RT 05 RW 026 Kelurahan Pekayon  merupakan hasil make up yang dilakukan oleh Forum Seniman Bekasi berkerja sama dengan Kelurahan Pekayon Jaya, kampung ini dihiasi dengan lukisan 3D sehingga menarik perhatian masyarakat yang datang atau melalui wilayah tersebut.

Wilayah ini rencananya akan dijadikan destinasi wisata kreatif. Ketua Forum Seniman Bekasi (FSB), Yeksa Sarkeh Chandra mengaku, tempat tersebut  menjadi alternatif wisata selain mal yang sudah bertebaran di Kota Bekasi.

Pria yang akrab disapa Sarkeh ini mengaku  memilih lingkungan Gang Gayor RT 05 RW 026 ini, pasalnya lokasi ini merupakan salah satu lokasi dengan penduduk yang padat serta mayoritas berprofesi sebagai pemulung dan terletak ditengah kota.

“jadi ini suatu tantangan bagi kita membuat daerah yang mayoritas pekerjaannya adalah sebagai pemulung kita sulap menjadi tempat yang bagus, indah dan kreatif, “ ungkapnya.

Projek kampong 3D ini baru berjalan 3 persen dari dua lingkungan RT yang direncanakan untuk dijadikan kampong 3D. Dirinya menyerahkan pilot projek yang sudah tersusun kepada pemerintah Kota  Bekasi untuk dilanjutkan atau tidaknya.

Sarkeh menuturkan,  FSB sudah memberikan contoh pembenahan, dirinya berharap akan lebih banyak lagi tempat-tempat kumuh di Kota Bekasi yang dapat untuk disulap menjadi destinasi wisata yang menarik, bahkan mengundang perhatian wisatawan.

“Yang jelas FSB sudah memulai dan memberi contoh nyata pembenahan suatu daerah kumuh, semoga kedepan akan lebih banyak lagi tempat-tempat kumuh yang bisa disulap jadi destinasi yang menarik, sehingga bisa menarik wisatawan juga, “ pungkasnya.

Sementara itu, Warga RT 05/026 Jaln Gayor Kelurahan Pekayon Jaya  Kecamatan Bekasi Selatan harapkan kehadiran kampung 3 Dimensi bisa menaikan tingkat ekonomi warga sekitar, Hal tersebut disampaikan oleh Enda (60) salah seorang warga yang sudah 40 tahun tinggal di lokasi tersebut.

Dirinya mengatakan, baru dua bulan di tempat ia tinggal saat ini di buat indah dengan hadirnya lukisan. Pasalnya, kata dia dahulu sebelum di seperti inikan kampungnya tersebut terlihat kumuh.

“Dulu mah sudah 40 tahun saya tinggal disini baru dibeginikan, yah jelas kelihatan bedanya, lebih rapih dan lebih indah dilihatnya, apalagi pas ada gambar-gambar begini,” ucapnya.

Bukan hanya itu, Dirinya juga berharap kehadiran lukisan-lukisan tersebut dapat membangun citra kampungnya dilirik oleh wisatawan sehingga bisa menjadikam kampung Gayor menjadi destinasi wisata di Bekasi dan tentunya meningkatkan taraf perelonomian warga sekitar.

“Kami sih berharapnya ini bisa dijadikan wisata, karna dari situ kami mungkin nanti sedikit terbantu dengan adanya destinasi ini,soalnya disini warganya adavyang berprofesi nenjadi pemulung dan pedagang, jadi semoga dengan adanya destinasi 3D ini bisa membantu perekonomian warga,” ujarnya.

Selain itu, Hanu yang juga tinggal di daerah tersebut juga berharap kehadiran lukisan tersebut bisa menjadikan icon Kampung Gayor menjadi terkenal di kalangan masyarakat luas. Bukan karna namanya namun karna lokasi tempatnya yang mempunyai banyak keunikan.

“Mudah-mudahan ini bisa jadi destinasi wisata sih biar bayak yang tau juga tentang kampung 3D , dan tentunya juga bisa menaikan perekonomian warga Kampung Gayor,” tutupnya.(cr38)

Close