Berita Utama

Tarif PDAM Tirta Bhagasasi Akan Naik

Radarbekasi.id – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi membenarkan kabar rencana perusahaan untuk menaikan tarif air dasar air bersih.

“Penyesuaian tarif akan mulai diberlakukan pada Oktober,” kata Kepala Bagian Hukum dan Humas PDAM Tirta Bhagasasi, Yusmet, saat dikonfirmasi di Kantor PDAM Tirta Bhagasasi, Jalan KH Noer Ali Bekasi Selatan, Rabu (8/8).

Menurut Yusmet, tarif rata-rata yang diberlakukan PDAM Tirta Bhagasasi sebesar Rp5.000 per meter kubik (M3). Sementara, harga produksi yang dikeluarkan  sebesar Rp6.200 per meter kubik (M3).

Lebih lanjut, kata dia, sudah empat tahun perusahaan belum melakukan kenaikan tarif dasar air bersih. Sementara, harga pokok produksi, seperti tarif dasar listrik dan air baku, terus mengalami kenaikan.

Melihat kondisi ini, perusahaan khawatir apabila tidak melakukan kenaikan tarif dasar air bersih, maka akan berdampak kepada cakupan layanan dan pendapatan asli daerah (PAD) dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota Bekasi tersebut.

“Harga pokok produksi itu naik terus, sementara kita masih stak, tarif tidak naik-naik. Ini bisa mengancam (cakupan layanan dan pendapatan,red), kalau kita tidak menaikan tarif,”  katanya.

Kenaikan tarif dasar air bersih dilakukan untuk mendukung biaya operasional, pemeliharaan dan pengembangan perusahaan. Namun demikian, Yusmet, belum bisa menyampaikan secara detail besaran rencana kenaikan tarif tersebut.

Ia berujar, tim tarif masih berdiskusi dengan internal perusahaan.“Sekarang masih digodok oleh tim tarif. Nanti kalau sudah selesai digodok akan kami sampaikan ke dewan pengawas, pemilik (Pemerintah,red) dan DPRD. Barulah secara resmi kami sampaikan dan sosialisasikan kepada masyarakat besaran kenaikannya,” tukasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kasubag Humas PDAM Tirta Bhagasasi, Fauzi Ahmad, menegaskan penyesuaian dilakukan untuk peningkatan pelayanan. Setelah penyesuaian tarif diberlakukan, pihaknya berjanji akan meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan, terutama dari sisi kualitas, kuantitas dan kontinuitas (K3).

“Saat ini jumlah pelanggan PDAM Tirta Bhagasasi sebanyak 224 ribu yang tersebar di Kota dan Kabupaten Bekasi,” pungkasnya. (oke)

Related Articles

Back to top button