Metropolis

Milad Islamic Center Bakal Meriah

Radarbekasi.id – Memeriahkan hari jadi yang ke 25 tahun,  yayasan Nurul Islam KH Noer Alie, Islamic Centre Bekasi berencana mengadakan serangkaian kegiatan, diantaranya tabligh akbar, tasmi tahfidz Alquran, lomba internal dan pameran seni rupa.

Tema yang diangkat dalam peringatan milad ke 25 tahun ini adalah ‘seperempat abad memperkuat komitmen dakwah untuk mengabdi kepada umat’. Peringatan ini diniatkan sebagai media pengingat sejarah sekaligus menjadi media introspeksi terhadap apa yang telah dlakukan selama berjalannya masa maupun yang akan dilakukan dimasa yang akan datang.

Ketua Panitia Milad yayasan Nurul Islam KH Noer Alie, Amin Idris dalam konferensi pers bersama awak media yang digelar di ruang secretariat yayasan mengungkapkan, adanya pameran seni rupa ini ditujukan untuk membuka mengenalkan kepada  masyarakat bahwa islam tidak hanya melulu berkutat pada tabligh akbar dan pengajian.

“Moment ulang tahun yang saya diberikan amanah sebagai penyelenggara ini, selain tabligh akbar kita coba mengenalkan selama ini orang bilang islami itu tabligh akbar, pengajian tapi kita coba Tarik bahwa senirupa pun bisa bernuansa islami. Mudah-mudahan pesan yang lebih logger tadi selama itu untuk kebaikan, kan islam itu baik, “ ungkapnya.

Pada tabligh akbar yang akan dilaksanakan 15 Agustus mendatang, akan digunakan sebagai bentuk kegiatan yang dapat mempererat persatuan umat, komitmen kebangsaan serta mempertegas ketauhidan. Sampai saat ini, dia mengaku  beberapa penceramah sudah confirm untuk hadir diantaranya adalah KH Arifin Ilham dan Nasarudin Umar.

Kemudian untuk pameran seni rupa sendiri, panitia dalam hal ini bekerja sama dengan seniman perupa islam yang akan digelar dibuka langsung oleh wakil walikota terpilih Tri Adhianto pada tanggal 13 Agustus hingga ditutup pada 16 Agustus Mendatang, demikian disampaikan oleh Amin Idris.

Coordinator para peserta daam pameran seni rupa, Edo Abdulah mengungkapkan, di Kota  Bekasi ini berbagai karya seni sudah mulai menggeliat didorong dengan adanya Forum Seniman Bekasi yang berisi para seniman di Bekasi.

“Bekasi juga sudah mulai menggeliat dari adanya forum seniman Bekasi, yang berdiri dari mulai tari, lukis, sastra, kemudian kami berharap dijadikan ajang pameran seni rupa islami, sehingga nanti setiap tahun ada semakin meningkatlah apresiasi dari seni rupa dalam bentuk seni rupa islami, “ ungkapnya.

Koordinator lainnya, Pug Waruju menyampaikan  tema yang akan memandu jalanya pameran lukisan dalamperingatan milad ini adalah kota cahaya kota agama. Memilih tema tersebut, Pug mengaku, kegiatan ini dilaksanakan oleh institusi Islamic Centre yang dinilainya sebagai pusat kajian dan telaah perkembangan islam.

Lebih dalam Pug menjelaskan,  kajian islam tentunya sangat intern kepada gerak perkembangan antropologis masyarakat yang dalam hal ini adalah masyarakat islam, untuk itu maka tema yang diangkat adalah kota cahaya kota agama.

“ Karena mewakili dari segi kebudayaan, karya seni rupa ini kenapa mewakili karena karya seni  itu kan ekspresi refleksi dari pada perenungan ketika dia berada didalam entitas, berkelindan didalam berbagai masalah disekitarnya. Konteksnya islam maka yang kita ambil adalah refleksi kehidupan yang muaranya adalah pengagungan atau afirmasi kepada Allah SWT, “ imbuhnya. (cr38)

Related Articles

Back to top button