Cikarang

Asian Games jadi Ajang Promosi UMKM

Radarbekasi.id – Produk lokal Kabupaten Bekasi berpotensi dikenal publik yang lebih luas lewat ajang Asian Games 2018. Pasalnya, sejumlah negara seperti Vietnam, Pakistan, Jepang, Nepal, Timor Leste, Arab Saudi, Sriah dan lainnya bertandang di Cikarang selama beberapa waktu karena pertandingan sepak bola Asian Games berlangsung di Stadion Wibawa Mukti.

Oleh karena itu, atlet daru sejumlah negara itu dapat melihat produk asli Cikaran bersama dengan jajaran tim dan pendukung tim nasional masing-masing.

“Kami sudah siapkan formula ini sejak Kabupaten Bekasi ditetapkan sebagai salah satu daerah penyelenggara. Kami tahu betul potensi perekonomiannya, maka dari itu, kami siapkan perkenalkan produk kami yang tentunya bukan untuk dikenal tapi juga dibeli,” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kabupaten Bekasi, Entah Ismanto.

Program pengenalan produk lokal telah dilakukan sebelumnya melalui bazar yang terselenggara di luar Bekasi. Menurut Entah, pasar merespon positif produk asal Cikarang itu. Sehingga, ia optimistis produk serupa bakal diterima saat dijajakan selama Asian Games berlangsung.

“Boleh dikatakan pengenalan-pengenalan produk asli Kabupaten Bekasi tidak gagal, selalu responnya positif. Maka bagaimana nih di Asian Games sendiri, jujur saja target kami yakni merangkul warga luar negeri yang datang mendukung timnya bertanding di Kabupaten Bekasi,” ucap dia.

Beberapa produk yang bakal dipromosikan yakni kerajinan tangan dan kuliner. Menurutnya, dua sektor ini yang menjadi keunggulan dari produk UMKM Kabupaten Bekasi, sekaligus menjadi incaran para pelancong di setiap daerah.

“Untuk kualitas dan kuantitas kami sangat optimis, karena kemarin saja UMKM Kabupaten Bekasi mendapat juara III di Jawa Barat, berarti ini sudah menjadi bukti,” katanya.

“Kemudian pas sekali dengan tujuan setiap pelancong. Kan target kami yakni warga luar, jelas sekali kan setiap warga luar maupun wisatawan yang datang pasti yang dicari kerajinan khas dan makanan, maka itu yang kami siapkan,” demikian Entah. (ded/see/pjk)

Related Articles

Back to top button