Berita Utama

Belasan Desa Kekurangan Air Bersih

Radarbekasi.id – Sebanyak 18 desa di Kabupaten Bekasi mengalami kekurangan air bersih. Belasan desa itu berada di empat kecamatan yakni di Bojongmangu, Cibarusah, Serang Baru dan Cikarang Selatan.

Kepala Bidang  Darurat dan Logistik (Darlog) pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Abdul Rasyid menjelaskan, empat kecamatan tersebut sudah rutin kekurangan air bersih setiap tahunnya.

Hal itu bukan disebabkan karena minimnya air. Tetapi, akibat air yang ada di wilayah tersebut tidak layak untuk dikonsumsi.

Saat ini, pihaknya telah mengirim bantuan ke lokasi yang kekurangan air bersih.  Pengiriman dilakukan dua sampai tiga hari sekali karena jumlah kendaraan operasional yang tidak sebanding dengan desa yang membutuhkan bantuan.

“Satu mobil berisikan 500 kubik air. Untuk pembagian air di lokasi, tidak ada perbedaan, warga yang ada di lokasi diperbolehkan mengambil air,” katanya kepada Radar Bekasi, Senin (13/8).

Ia menjelaskan, bantuan tersebut diberikan secara merata agar warga yang kekurangan air bersih dapat terbantu. Pihaknya juga menegaskan bahwa bantuan itu berasal dari Pemkab Bekasi.

“Musim politik seperti sekarang, kita harus hati-hati banget, jangan sampai dimanfaatkan, karena bisa saja salah satu calon mengaku bahwa bantuan air dirinya yang pesan, mankanya saya meminta pihak kecamatan ada di lokasi saat pembagian air,” tutupnya. (pra)

Related Articles

Back to top button