Pendidikan

Melatih Kemandirian Siswa Lewat Pramuka

Radarbekasi.id – Banyak manfaat yang didalam melalui kegiatan pramuka. Selain membentuk mental, kemandirian juga karakter siswa agar menjadi lebih kuat dan berani. Hal ini ditegaska oleh Pembina Pramuka SDN Jatiluhur II, Marta saat menjadi Pembina upacara dalam peringatan hari pramuka  SDN Jatiluhur II bersama SDN Jatiluhur I dan III, kemarin.

Ya, perayaan hari pramuka kemarin tampak meriah. Pasalnya, tiga sekolah tersebut merayakan hari pramuka secara bersamaan. Kegiata tidak hanya upacara saja, namun dimeriahkan dengan berbagai perlobaan seperti baris berbaris dan menyanyikan yel yel Pramuka untuk tingkat kelas 4 hingga 6. Kemudian lomba mewarnai dan menggambar untuk kelas 1 hingga kelas 3.

Menurutnya,  Pramuka adalah alat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, dan juga alat bagi organisasi untuk mencapai tujuan organisasinya.

“Pendidikan kepramukaan yang berdasarkan pada satya dan darma pramuka harus benar-benar ditanamkan dalam hati setiap insan pramuka, sebagai pedoman bersikap dan berperilaku. Pramuka merupakan wadah pendidikan karakter bagi generasi calon pemimpin-pemimpin bangsa di masa yang akan datang, ” katanya, (14/8).

Selain itu Marta menambahkan, pramuka merupakan salah satu penggerak pemersatu bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tanpa adanya persatuan dan kesatuan wujud sebuah NKRI mustahil akan tercipta.

“Dalam HUT Pramuka ke – 57 tahun 2018 ini, serentak kita cetuskan komitmen pramuka sebagai perajut dan pemersatu bangsa dalam wadah NKRI. Pramuka sebagai salah satu wadah untuk pemersatu bangsa. Menggenggam erat dan tidak melepaskan serta bersatu dalam terciptanya NKRI tanpa melihat perbedaan apapun, ” terusnya.

Menurutnya,  dengan pelatihan dan pemahaman yang tepat kepada generasi muda yang ada dalam Pramuka, akan lahir generus yang tetap dalam bingkai NKRI atau yang dikenal sekarang dengan Republik Indonesia.

“Kedepannya saya berharap pramuka di jatiluhur khususnya di SDN Jatiluhur II ini lebih maju lagi.  Diperdalam lagi pembelajaran mengenai pramuka.  Seusai mid semester kami akan melakukan camping di Cibubur yang dikhususkan untuk kelas 4 hingga 6 yang telah berusia 11 tahun keatas, ” terangnya.(cr41)

Close