Metropolis

Pertama Kali Karnaval Di Tambun

Radarbekasi.id – Masyarakat Desa Tambun, Kecamatan Tambun Selatan, merayakan peringatan HUT RI ke-73 tahun ini dengan cara unik. Sejumlah warga dari kaum lelaki menggunakan pakaian perempuan, begitupun sebaliknya. Perempuan mengenakan pakaian laki-lali.

Dari pantauan Radar Bekasi, tak hanya pakaian yang bertukar saja, namun juga ada sejumlah pria yang mengenakan pakaian ala zaman penjajahan Belanda. Yang menggunakan celana pendek dan juga baju ala sang pendekar. Tak hanya itu, warga setempat pun juga melakukan pawai atau karnaval dengan mengelilingi desa dengan kendaraan roda empat, mobil, yang sudah mereka hias sedemikian rupa.

Tokoh masyarakat Desa Tambun Amir mengatakan  pada HUT RI ke-73 ini, masyarakat kompak mengadakan pawai ini. Seperti menghias diri mereka dan juga berkeliling kampung menggunakan ‘odong-odong’ yang dibarengi juga dengan ondel-ondel Betawi.

“Sekarang kita membuat kemeriahan, karnaval, dimana untuk memperingati HUT RI ke-73 tahun ini. (Untuk masa karnaval) ini kurang lebih, 15 RT di Desa Tambun (sekitar 400-500 orang),” kata Amir, saat ditemui Radar Bekasi di RT 06/03, Desa Tambun, Kecamatan Tambun Selatan.

Amir mengaku,  karnaval di Desa Tambun baru tahun ini terlaksana. “Satu kemeriahan, dari warga masyarakat Tambun sendiri ini. Alhamdulillah baru kali ini saja kita kita adakan karnaval kali ini saja,” ucap Amir dengan semangat.

Sebelum melakukan pawai keliling desa, warga Desa Tambun melakukan upacara bendera disalahsatu lapangan di Desa Tambun. “Kita lakukan upacara bendera dulu sebelum keliling (pawai), kita menghormati dulu (HUT RI dengan cara mengikuti upacara),” tambahnya.

Dalam karnaval, peserta  melakukan keliling kampung, jalan arteri hingga jalur Kalimalang Tambun. Dan pantauam dilokasi, terlihat kondisi yang meriah dengan antisias warga yang membludak mengikuti karnaval HUT RI ala warga Desa Tambun, Kecamatan Tambun Selatan sendiri. (Cr37)

Related Articles

Back to top button