Pendidikan

Membentuk Karakter Lewat PKKMB

Radarbekasi.id – Sebagai upaya  menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya melaksaakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Kepala Biro  Kemahasiswaan Universitas Bhayangkara Jakata Raya, Wagito  mengaku, PKKMB bertujuan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa.

Dalam kegiatan tersebut, lanjutnya, diisi dengan berbagai kegiatan yang terkait dengan penanaman wawasan kebangsaan, cinta tanah air, bela negara dan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan akademik, kegiatan kemahasiswaan serta kebijakan kampus sehingga dapat menjadi bekal untuk mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi.

Selain itu juga, mahasiswa baru dikenalkan dengan BEM Universitas, UKM Olahraga, UKM PSM, UKM Pena muda, UKM Granat, UKM Menwa, UKM Beladiri, UKM Kapal Baja, UKM Seni, Pasar UKM, Pemanfaatan IT, Penjelasan Virtual Accunt (BRIVA), English Game dan Upacara Penutupan PKKMB.

Masa PKKMB ini, lanjutnya,   dapat dijadikan titik tolak inisiasi pembinaan idealisme, menanamkan dan memperkuat rasa cinta tanah air, kepedulian terhadap lingkungan, juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan berintegritas tinggi.

“PKKMB juga diharapkan mampu menanamkan jiwa mandiri dan kreatifitas mahasiswa. Mereka juga di perkenalkan dengan UKM yang ada di sini.”terangnya.

Dia juga  mengatakan, PKKMB sebagai kesempatan pertama bagi mahasiswa baru untuk mengenal dan mengetahui dunia kampus dan kesempatan pertama untuk mendapat gambaran umum tentang proses yang akan selalu diikuti ke depannya di kampus tersebut.

“PKKMB juga sebagai wadah pembentukan karakter mahasiswa baru untuk selalu bersikap bijak, bijak beradaptasi, aktif berpikir dan berkreatif pada era pendidikan abad ke-21,” tandasnya.(mif)

Related Articles

Back to top button