Pendidikan

Mendongkrak Sekolah Menjadi Favorit

Oleh: Wasto Pujawiatna, S.Pd Guru SMPN 4 Setu, anggota KGPBR

Radarbekasi.id – Sekolah favorit  merupakan sekolah terkenal, bagi siswa yang  NEMnya tinggi, menerapkan disiplin yang ketat, sekolah yang sarat prestasi, guru-guru yang mengajar sudah senior dan berpengalaman, sekolah yang sudah lama  ada dibandingkan sekolah lain, sarana dan prasarana memadai. Kamu sekolah dimana ada pertanyaan seperti itu   di jawab  disekolah   anu  wah mengapa tidak disekolah  B.  Saya nilainya kecil selorohnya.

Diterima dii sekolah favorit  memang masih menjadi idaman semua orang tua tak terkecuali sudah tak terbantahkan lagi, mengapa orang tua ingin menyekolahkan di sekolah favorit ,banyak alasan  karena gengsi, banyak diterima disekolah negeri,supaya mendapat pengajaran yang lebih baik, sarana dan prasarana tersedia, banyak kegiatan yang diikuti dan banyak lagi menurut versi dan argumentasinya masing-masing  tidak salah tapi tidak semuanya benar.

Tapi pandangan mengenai sekolah favorit  sekarang sudah mulai bergeser dan berubah kesekolah yang biasa-biasa saja atau sekolah belum terkenal tapi sekolah tersebut dekat dengan tempat tinggal dengan beberapa alasan misalnya mudah mengawasi,jarak tidak terlalu jauh ,bisa dengan berjalan menuju kesekolah. Pendapat orang tua seperti in benar juga ,kalau semua ingin masuk kesekolah favorit  bagaimana dengan sekolah biasa-biasa . Tidak mungkin semua ingin masuk di sekolah favorit  dan semua ingin smelanjutkan di sekolah biasa-biasa .  sesuai dengan porsinya ada yang bersekolah di sekolah favorit  dan tidak favorit .

Guru yang mengajar disekolah tidak favorit  juga dapat menghasilkan lulusan  siswa-siswa yang berprestasi dan sukses dengan catatan disiplin,kreatif dan aktif browsing hal-hal baru dan terus belajar baik dengan teman –teman guru maupun di komunitas guru KKG atau MGMP. Jadi untuk berprestasi tidak melulu belajar di sekolah favorit  asalkan disiplin dan kerja keras.  Para pemimpin dan pejuang di negara kita harus menjadi contoh dan teladan sebagai rujukan dalam belajar dan menuntut ilmu pengetahuan.

Sekolah baru bisa terkenal dan menjadi tujuan orang tua menyekolahkan anaknya apabila mempunyai prestasi baik bidang olah raga,ekstrakurikuler,,keagamaan, guru-gurunya banyak memperhatikan siswa-siswanya, sering mengadakan bazar buku, kerja bakti dengan warga sekitar, memberikan santunan kepada korban bencana,aktif mengikuti perlombaan baik tingkat kecamatan  sampai kabupaten bahkan sampai nasional.

Dari unsur guru harus terus belajar, mengadakan workshop,studi banding,mengikuti kegiatan KKG atau MGMP,mengikuti kursus bahasa inggris,komputer ,lomba guru berprestasi,mengikuti Olimpide Guru Mata pelajaran  bagi yang belum pernah, mengikuti seminar.  Lingkungan sekolah yang hijau dan asri juga bisa menjadi sekolah terkenal yaitu sekolah yaitu sekolah berbudaya lingkungan, kegiatan literasi sekolah

Sekolah favorit  tetap akan menjadi sekolah favorit  dan tujuan siswa melanjutkan sekolahnya sesuai dengan ng label  dari masyarakat ataupun karena memang mempunyai hal=hal sesuai dengan yang diinginkan oleh masyarakat yqang tidak terbantahkan lagi.

Sekolah favorit   seyogyanya sudah mumpuni disegala bidang baik  tenaga pendidik maupun tenaga non pendidik,sarana prasarana  penunjang lainnya. Memang  kalau sekolah yang sudah lama sejak zaman sebelum ada dana BOS  masih boleh memungut dana atau iuran dari warga atau wali murid,mau butuh pemagaran,laboratorium ,tambah ruang baru, pengerasan lapangan ,lapangan bulu tangkis ,lapangan basket  dan lain-lain ,pasti akan terpenuhi kebutuhan-kebutuhan itu.

Kini sekolah-sekolah baru yang sudah mendapat dana BOS ,untuk melengkapi sarana yang belum ada harus menunggu dan membuat proposal berkali-kali dengan sabar, berbeda dengan sekolah yang dikelola yayasan mendapat dana BOS  memungut dari orang tua murid  jadi sangat cepat ,aju dan berkembang.

Salah satu mendongkrak sekolah bisa menjadi favorit  yaitu menjaring penerimaan Peserta Didik baru melalui jalur prestasi,baik Olah raga ,seni dan sains.  Kemudian dalam rapat dengan orang tua menawarkan  program-program sekolah untuk di cermati  agar ada orang tua yang mau membantu atau menjadi orang tua asuh dalam mengembangkan prestasi  dan pengembangan sarana dan prasarana disekolah  atau kalu komite nya kreatif bisa mencari sponsor untuk mengadakan event atau  kegiatan di sekolah.

Peran alumni untuk mengembangkan sekolah juga penting ,mengapa sekolah yang sudah legend ada ikatan keluarga Alumni? Pertama untuk menjali silaturahmi,kedua  menggalang dana atau gerakan mengumpulkan buku,bantuan untuk siswa kurang mampu,keempat alumi ada ikatan dengan guru-guru dan kalu sudah seperti itu sekolah menjadi besar dan aluminya sudah banyak berkiprah  di berbagai profesi pemerintah,militer, dan swasta.

Menjaddi sekolah favorit  perlu proses dan perjalanan  cukup panjang penuh perjuangan walaupun yang memberi julukan yaitu masyarakat  dan perjalan waktu, sekolah  biasa –biasa juga khirnya akan menjadi sekolah dambaan orang tua  seiring dengan prestasi seluruh sisiwa-siswanya,sarana dan prrasarannya tidak terbantahkan,guru yang ikhlas mentransfer ilmunya, guru dan Pelaksananya handal dalam mengelola kurikulum .

Terdapat  tempat baca dan bermain sisiwa di halaman sekolah ,kantin sekolah ,lingkungan  hijau beserta seluruh warga sekolah yang ramah dan sopan ,maka akan tercipta apa yang disebut sekolah favorit  dambaan warga yang ada di lingkungan terdekat tanpa harus sekolah yang jauh dari tempat tinggal. (*)

Related Articles

Back to top button