Metropolis

Anggota Majelis Taklim Dibekali Keterampilan

Radarbekasi.id – Untuk memberikan keterampilan kewirausahaan kepada masyarakat, Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) dan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Labirin menghelat pelatihan kewirausahaan di aula Yayasan Baitul Mukminin, Kelurahan  Bojongmenteng, Selasa (28/8).

Dalam pelatihan hari pertama ini, sekitar 50 peserta yang merupakan anggota majelis taklim mengikuti kegiatan ini. Mereka nampak serius dalam mempelajari mengenai bagaimana memproduksi, mengemas dan memasarkan bir pletok setelah sebelumnya pelatihan serupa juga dihelat di kelurahan Mustika Jaya.

BBPP dan LPK Labirin menargetkan untuk minuman khas Betawi ini dapat popular dikalangan muda terlebih pelatihan ini memiliki visi tidak hanya mengangkat budaya, namun juga khasiat yang terkandung dalam bir pletok tersebut.

Untuk mendukung rencana tersebut, berbagai experience dilakukan dalam pelatihan, seperti meracik bir pletok dalam bentuk serbuk, bir pletok shake with krimmer, bahkan pada varian originalnya instruktur memberikan sentuhan manis, pasalnya rasa manis dewasa ini diminati oleh kaum milenial.

Kepala balai besar peningkatan produktifitas (BBPP) Kementerian tenaga kerja (Kemnaker) RI, Sri Indarti berpesan kepada para peserta untuk menentukan jenis usaha diperlukan kekepan, kedepan yang dimaksud oleh Sri Indiarti ini adalah Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman.

“Pelatihan kewirausahaan yang menyasar ibu-ibu pengajian ini tepat, sebab terutama dari sisi usia dan skill, ibu rumah tangga adalah pihak rentan yang kecil kemungkinannya terserap didunia kerja ,”ungkapnya.

Dirinya pun meyakinkan kepada seluruh peserta untuk tidak berfikir hanya sebatas uang dalam memulai berwirausaha, namun ia menilai manusia sudah diberikan modal yang begitu penting dan berharga yang itu merupakan bagian dari tubuh manusia sendiri.

“Sampai sekarang masih sering salah presepsi, setiap saya nanya dari Sabang sampai Merauke, apa sih yang paling dibutuhkan untuk memulai usaha ? Modal. Modalnya apa ? semua menjawab uang. Padahal kita sudah diberikan modal paling berharga yaitu Otak dan Panca Indera, “ imbuhnya.

Rencananya pelatihan yang diberikan kepada anggota majelis taklim di lingkungan Kelurahan Bojongmenteng ini akan diselenggarakan selama empat hari mulai hari ini hingga hari jum’at mendatang.(cr38)

Lebihkan

Artikel terkait

Lihat Juga

Close
Close