Metropolis

34 Jemaah Haji Asal Jabar Meninggal Dunia

Radarbekasi.id – Sebanyak 34 orang Jemaah haji asal Jawa Barat meninggal dunia di Saudi Arabia. Seluruhnya dimakamkan di tanah suci.

Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Barat, Achmad Buchori mengatakan, sebagian besar Jemaah meninggal dunia karena sakit. Penyebab lainnya karena kelelahan.

’’Mudah-mudahan tidak bertambah lagi lah. Cukup sampai disitu, mudah-mudahan yang meninggal itu diterima amal ibadahnya, yang haji juga semoga diterima hajinya oleh Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan Jemaah haji yang meninggal diberikan kesabaran,” katanya Buchori kepada Radar Bekasi, Jumat (31/8).

Puluhan Jemaah tersebut berasal dari sejumlah wilayah di Jawa Barat seperti Bogor, Depok dan Bandung. ’’Kalau usianya yang meninggal ini rata-rata di atas 40. Jadi memang faktor ketuaan ya, juga menjadi salah satu penyebab. Dalam catatan yang meninggal ini rata-rata usia 40,” tuturnya.

Menurut dia, jumlah Jemaah yang meninggal tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya karena faktor selektifitas yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan.

’’Ini juga berdampak terhadap Jemaah yang meninggal di Arab Saudi juga yang masuk di Rumah Sakit pun tidak sebanyak waktu dulu. Karena sekarang deteksi penyakit kepada Jemaah itu sudah sedemikian rupa,” ujarnya.

’’Jemaah haji yang meninggal dunia seluruhnya dimakamkan disana, sampai saat ini belum ada yang dibawa pulang,” tandasnya. (neo)

Close