Berita Utama

Toto Pj Wali Kota 20 Hari

Radarbekasi.id – Sisa 20 hari menjabat sebagai Pj Wali kota Bekasi, Ruddy Gandakusumah ditarik kembali ke Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat. Penggantinya, Bakorwil II Provinsi Jawa Barat Toto M. Toha resmi dilantik Pj Gubernur Jawa Barat Mohammad Iriawan, di Gedung Sate, Bandung, Jumat (31/8) kemarin.

Asisten Daerah III Kota Bekasi, Dadang Hidayat membenarkan pergantian pucuk pimpinan sementara di Kota Bekasi itu. Toto akan mengisi jabatan selama 20 hari ke depan sampai dengan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi terpilih, Rahmat Effendi-Tri Adhianto.

’’Efektifnya kemungkinan mulai Senin ya, karena kan harus serah terima jabatan dulu dari Pj yang lama ke Pj yang baru,” kata Dadang kepada Radar Bekasi.

Dadang menyatakan, dalam 20 hari kedepan diharapakan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Bekasi semakin kompak dalam menjalankan tugas.

Sementara itu, posisi Sekretaris Daerah  (Sekda) Kota Bekasi masih kosong sejak Rayendra Sukarmadji memasuki masa pensiun 1 Agustus lalu. Sebelumnya, Dadang sendiri sempat menjabat sebagai Pelaksana Harian Sekda Kota Bekasi.

Dadang menjelaskan, Pj Wali Kota Bekasi pengganti Ruddy berhak mengusulkan nama pejabat yang akan mengisi jabatan Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Kota Bekasi ke Pemrov Jawa Barat. “Walaupun dua puluh hari, tetap berwenang mengajukan nama,” ujarnya.

Disinggung tentang usulan nama pejabat yang mengisi jabatan Sekda dari Ruddy, ia mengaku akan berkordinasi dengan pihak terkait terlebih dahulu untuk membicarakan hal tersebut.

Sehingga diputuskan apakah Sekda yang ditunjuk yang diusulkan Ruddy atau Toto kelak. Meskipun, belum dapat dipastikan apakah Toto bakal mengajukan nama calon pelaksana tugas sekda.

’’Nah itu yang dikordinasikan ke provinsi, harus bagaimana ke depan. Apakah cukup dengan yang diusulkan Pj yang lama atau harus diperbaharui dengan Pj yang baru,” ujarnya. (neo)

Related Articles

Back to top button