Metropolis

Dorong Kampung Literasi

Radarbekasi.id – Minimnya budaya membaca buku di kalangan masyarakat, menyebabkan sebagian warga kerap termakan berita bohong atau hoax. Kondisi ini mendorong komunitas masyarakat peduli literasi digital (Sapulidi) membentuk kampung literasi.

Tidak hanya berfokus pada penanggulangan berita bohong yang beredar, namun yang tidak terlepas dari komunitas Sapulidi ini adalah minat membaca dan budaya literasi ditengah masyarakat. Komunitas ini terus menggalakkan budaya literasi dengan mengkampanyekan budaya literasi ini baik disekolah maupun dilingkungan masyarakat, khususnya untuk generasi milenial.

“Jadi selain cover box tapi kita juga perhatian kepada jangka panjangnya, kearah edukasinya. Jadi bagaimana kita mengkonsep materi agar diminati sama anak-anak membedakan itu erita bohong atau benar,” demikian diungkapkan oleh coordinator komuintas Sapulidi, Marlina saat ditemui disebuah acara di Lagoon Avenue Bekasi, Senin (3/9).

Diakui Marlina,   minat membaca masyarakat Indonesia masih cenderung rendah, dalam waktu dekat ini dirinya akan focus pada berita Hoax yang beredar di tengah masyarakat. Dalam waktu dekat ini ia bersama rekan-rekannya akan membuat kampung literasi yang akan dijadikan pilot project.

Sebuah kampung yang ditargetkan berada dilingkungan Marga Jaya ini akan dijadikan percontohan bagi kampung lainnya yang berada di Kota Bekasi. Mengenai hajat besar Pemilu 2019 yang akan datang, Marlina mengungkapkan bahwa yang harus di waspadai adalah politik identitas yang berpotensi memecah belah masyarakat.

“ Kita akan kerjasama dengan Polres juga, bagaimana fokusnya di literasi-literasi yang membangun kebhinekaan, toleransi. jadi bagaimana politik kita ini politik identitas agamanya, sukunya, yang suku ini pilih yang ini yang agama islam jangan pilih yang agama ini, kita menyadarkan kebhinekaan yang memang sudah ada sejak Indonesia lahir, jadi jangan munculkan perbedaan itu lagi. Bagaimana kita memfokuskan diri calon pemimpin itu tidak pada politik identitas, “ imbuhnya. (sur)

Related Articles

Back to top button